02 May 2020, 08:10 WIB

PSBB DKI Jakarta Berbuah Manis


PUTRA ANANDA | Megapolitan

MELANDAINYA wabah covid-19 di Jakarta menunjukkan pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) secara tertib berbuah manis.

Ketua DPW NasDem DKI Jakarta Hasan Aminuddin mengapresiasi Pemprov DKI dan pemerintah pusat atas segala usaha, kecepatan, dan tanggap darurat dalam menyekat Ibu Kota sehingga penyebaran virus korona tidak semakin meluas.

Sekalipun data menunjukkan PSBB berhasil menekan penyebaran virus korona, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI itu mengingatkan supaya Gubernur DKI Anies Baswedan tidak buru-buru membuka total PSBB di Jakarta dalam dua pekan ke depan. “Perlu bertahap karena ada zona merah di luar Jakarta. Jangan sampai lalu-lalang manusia masuk Jakarta menjadi pemicu lagi. Selain itu, banyak analisis ilmiah perlu diperhatikan,” kata Hasan.

Legislator NasDem itu juga mengapresiasi masyarakat Jabodetabek yang berusaha mematuhi PSBB. Warga dengan segala keterbatasan memberikan kontribusi sehingga penyebaran virus korona berangsur turun. “PSBB di DKI Jakarta menunjukkan tanda kalau ada kerja sama antara pemerintah dan masyarakat, insya Allah segala masalah bisa teratasi,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Nasional Doni Monardo memuji upaya DKI Jakarta yang membuat penambahan harian PDP, ODP, dan kasus positif covid-19 di Ibu Kota berangsur landai.

Meski fluktuatif, korban covid-19 sempat menurun tajam dari 167 kasus pada 21 April 2020 menjadi 120 di hari berikutnya, dan terus menukik ke 107 kasus, 99 kasus, 76 kasus, hingga 65 kasus.

Namun, pada Senin (27/4), naik lagi ke 86 kasus, lalu 118 kasus pada Selasa (28/4), dan kembali turun menjadi 83 kasus pada Rabu (29/4). (Uta/J-2)

BERITA TERKAIT