02 May 2020, 05:55 WIB

Belajar Tetap Kreatif saat Pandemi Covid-19


Gan/S-3 | Humaniora

PEMERINTAH terus meningkatkan pelayanan pendidikan selama masa pandemi coronavirus disease (covid-19). Salah satunya ialah dengan meluncurkan laman guruberbagi.kemendikbud.go.id untuk membantu para guru di Indonesia dalam melaksanakan pembelajaran berbasis online.

Dengan laman tersebut, para guru dan praktisi pendidikan bisa saling berbagi melalui rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) serta inspirasi praktik pendidikan, khususnya pendidikan jarak jauh ketika dianjurkan untuk belajar dan mengajar di rumah.

“Sejak ramai covid-19, banyak yang mempertanyakan bagaimana kesiapan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) soal arahan belajar online ini. Nah, kami meluncurkan laman ini untuk membantu para guru mempraktikkan kegiatan belajar mengajar melalui online. Di sini guru bisa bertukar informasi mengenai cara mengajar berbasis online,” terang Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus, Praptono, di Jakarta, baru-baru ini.

Ia menjelaskan laman itu hadir sebagai ruang berbagi ide dan praktik yang akan menunjang pembelajaran selama belajar dari rumah (BDR) dalam masa darurat.

Menurut dia, laman tersebut dapat mendorong ide kreatif dalam pembelajaran oleh guru selama kebijakan belajar dari rumah berlangsung. Apalagi, laman itu dapat menyediakan ruang bagi para guru untuk saling berbagi RPP. “Dengan kondisi pandemi covid-19 ini, kita butuh imajinasi baru agar pembelajaran tetap berlangsung. Kita butuh inovasi-inovasi,” tutur Praptono.

Kepala SMA Negeri 1 Kuta Utara, Badung, Bali, I Gusti Nyoman, mengaku pihaknya telah menerapkan sistem belajar online kepada anak muridnya. Menurut dia, dengan laman tersebut, kegiatan belajar mengajar di tempatnya berjalan sangat efektif. “Lebih efektif, guru menjadi lebih interaktif,” kata dia.

Dia menyampaikan kegiatan belajar online lebih menarik dan anak-anak lebih kreatif karena memiliki waktu lebih lama daripada di sekolah. Namun, guru memang dituntut harus lebih kreatif dalam kegiatan mengajar.

“Dalam kegiatan belajarnya, dibutuhkan inovasi dari para guru agar kegiatan belajar mengajar berjalan baik sehingga anak didik pun jadi lebih kreatif,” kata dia.

Nyoman mencontohkan murid yang diberikan tugas membuat presentasi atau poster ternyata bisa membuat lebih kreatif ketika belajar dari rumah. Karena itu, para guru dituntut harus dapat memberikan materi yang memotivasi murid untuk lebih baik lagi.

“Di antaranya ialah kegiatan belajar kami menggunakan Chromebook. Jadi, nanti guru akan memberikan tugas ke anak murid di Classroom. Mereka akan diberikan waktu oleh guru,” tutup dia.

Belajar dari rumah

Selain laman guruberbagi.kemendikbud.go.id, Kemendikbud juga telah menghadirkan tayangan-tayangan edukatif melalui program Belajar dari Rumah atau BDR di stasiun televisi TVRI.

Program tayangan pembelajaran di televisi tersebut sudah berlangsung sejak 13 April 2020 setelah para siswa, mulai SD, SMP, sampai SMA, belajar di rumah karena pandemi covid-19.

Dengan tayangan edukatif itu, diharapkan bisa membantu siswa selama belajar dari rumah serta membantu para guru dalam memperkaya kegiatan belajar mengajar di rumah.

Kepala Biro Komunikasi & Hubungan Masyarakat Kemendikbud, Evy Mulyani, mengatakan program tayangan pembelajaran yang ditayangkan di TVRI ialah sebagai sarana pembelajaran alternatif selama masa pandemi covid-19.

Program Belajar dari Rumah itu berkaitan dengan berbagai materi pembelajaran,  dari pendidikan anak usia dini (PAUD), pendidikan dasar, hingga menengah. Untuk Senin sampai Jumat, disiarkan acara berkaitan dengan pembelajaran dan di akhir pekan berisi berbagai konten kebudayaan.

“Rencananya, kerja sama Kemendikbud dengan TVRI dilaksanakan selama 3 bulan. Tentunya, Kemendikbud juga akan mengevaluasi atau menerima masukan dari berbagai pihak terkait kualitas konten, model pedagogis, segi waktu, dan lainnya,” kata Evy.

Tayangan Hardiknas

Tidak hanya program BDR, dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh setiap 2 Mei atau hari ini, Kemendikbud akan menayangkan peringatan Hari Pendidikan Nasional dengan mengangkat tema Belajar dari Covid-19 di stasiun televisi milik pemerintah tersebut.
Acara ini akan ditayangkan langsung di kanal Youtube @Kemendikbud RI dan @TVRI Nasional pada hari ini pukul 19.00 WIB.

Peringatan Hardiknas 2020 ini menjadi hal yang berbeda daripada tahun sebelumnya karena akan dimeriahkan presenter kondang Najwa Shihab dan beberapa artis ternama Indonesia, di antaranya ialah Tulus, Sabyan, Rizky Febian, Vidi Aldiano, Rinni Wulandari, Naura, Lyodra, Gitabumi Voices, dan Bina Vokalia. Adapun sebagai pemandu acara ialah Temmy Rahadi dan Aubry Beer. (Gan/S-3)

BERITA TERKAIT