02 May 2020, 03:55 WIB

Trump Ancam Tiongkok dengan Tarif Baru


Nur Aivanni | Internasional

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Kamis (30/4), mengancam Tiongkok dengan tarif baru ketika ia meningkatkan serangannya terhadap Beijing atas krisis virus korona baru (covid-19). Ia mengatakan telah melihat bukti yang menghubungkan laboratorium Wuhan dengan penularan virus yang melanda dunia.

Saat dikutip dari AFP, Jumat (1/5), wabah virus korona sejauh ini telah menewaskan lebih dari 230.000 orang dan memaksa lebih dari setengah umat manusia untuk hidup di bawah semacam penguncian wilayah atau lockdown. Kondisi itu telah melumpuhkan ekonomi.

Virus itu diyakini berasal dari sebuah pasar di Kota Wuhan, Tiongkok, akhir tahun lalu. Pasar itu menjual hewan liar untuk dikonsumsi oleh manusia. Namun, spekulasi telah menyasar ke laboratorium rahasia di kota tersebut.

Saat ditanyakan apakah dia telah melihat sesuatu yang membuatnya sangat yakin bahwa Institut Virologi Wuhan ialah sumber dari wabah tersebut, Trump menjawab, “Ya, sudah.”

Ketika ditanyakan kembali oleh wartawan di Gedung Putih mengenai rincian atas keyakinannya itu, Donald Trump mengatakan, “Saya tidak bisa memberi tahu Anda tentang itu.”

Terkait laporan bahwa dia bisa membatalkan kewajiban utang AS ke Tiongkok, Trump mengatakan dia bisa melakukannya secara berbeda dan bertindak yang mungkin sedikit lebih jujur.

“Saya bisa melakukan hal yang sama, tetapi untuk lebih banyak uang, hanya mengenakan tarif,” katanya.

Meskipun gencatan senjata dalam perang dagang yang sudah berlangsung lama antara Washington dan Beijing tercapai pada Januari, tarif sudah diberlakukan pada dua pertiga perdagangan antara kekuatan ekonomi itu.


Pengujian gratis

Los Angeles menawarkan pengujian virus korona baru atau covid-19 gratis untuk semua penduduknya, terlepas dari apakah mereka memperbolehkan infeksi. Wali Kota Eric Garcetti membuat pengumuman itu hanya beberapa jam setelah Los Angeles County melaporkan peningkatan harian terbesar dalam kasus baru covid-19.

“LA sekarang merupakan kota besar pertama di Amerika yang menawarkan ujian covid-19 secara gratis,” kata Garcetti dalam akun Twitter-nya, seperti dikutip dari BBC, Jumat (1/5).

Sementara itu, California membuka semua pantai di Orange County untuk ditutup. California ialah negara bagian terpadat di AS. Beberapa pantainya telah ditutup selama bermingguminggu, yang lain tetap dibuka dengan memberlakukan aturan jaga jarak sosial.

Los Angeles County saat ini menyumbang hampir setengah dari kasus virus korona yang dikirim di California. Negara bagian ini melaporkan lebih dari 48.000 kasus dengan 1.900 kematian. Gubernur California, Gavin Newsom, baru-baru ini mengatakan bahwa masih beberapa minggu lagi untuk mencabut beberapa negara di bagiannya. (AFP/CNA/BBC/I-1)
 

BERITA TERKAIT