02 May 2020, 03:30 WIB

Dewa Budjana Belajar dari Indra Lesmana


MI | Humaniora

GITARIS Dewa Budjana, 56, baru-baru ini menggelar konser daring dengan Indra Lesmana dalam Mostly Jazz Live Online, Kamis (30/4) malam. 

Dalam momen itu, keduanya yang terpisah jarak antara Jakarta dan Bali membawakan komposisi-komposisi formasi ILDB (Indra Lesmana Dewa Budjana), dari komposisi yang tercipta pada 1985, awal pertemanan mereka, hingga karya terbaru pada tahun di atas 2010. Sebelumnya, Indra sudah merencanakan trek-trek ini untuk masuk dapur rekaman, tetapi malah belum kesampaian.

Budjana dulunya murid dari ayah Indra, mendiang Jack Lesmana. Bersamaan dengan itu, personel Gigi tersebut juga mengakui dirinya belajar banyak dari Indra meski Indra lebih muda darinya. “Indra semacam patokan buat kami, walau dia lebih muda dari saya. Berguru sama yang lebih muda pun saya lakukan sampai sekarang karena menurut saya yang tua terkadang banyak kekurangan. Saya tumbuh dari perjalanan Indra dalam berkomposisi, juga tidak mungkin saya tidak terpengaruh. Pengaruh-pengaruh itu ada,” cerita Budjana dalam konser daring live Mostly Jazz.

Ia pun mengenang perkenalannya dengan Indra melalui Gilang Ramadhan, yang lebih dulu berteman dengan Indra. Saat itu, Budjana  mengaku ia ‘sksd’ (sok kenal sok dekat) ketika menghampiri Gilang di gelaran Jazz Goes to Campus (JGTC).

Adapun perhelatan konser daring live kali ini berkat kawan lama mereka, Djundi Karyadi, dan istri Indra, Hon Lesmana. “Momen paling diinget juga ketika ajak Budjana rekaman, 1985. Waktu itu rekaman di Studio Gelora Seni. Direktur tekniknya Djundi Karyadi, anak yang punya studio,” ungkap Indra. (Jek/M-2)

BERITA TERKAIT