01 May 2020, 22:37 WIB

Lawan Covid-19, VPN Permudah Kerja di Rumah


Syarief Oebaidillah | Teknologi

UNTUK meringankan dinamika kerja karyawan yang work from home (WFH) sebuah aplikasi Mobile Workforce VPN (Virtual Private Network) telah di keluarkan perusahaan Information and Communications Technology (ICT) Total Solution Lintasarta.

Diharapkan aplikasi itu dapat dapat membantu memperlancar proses bisnis para perusahaan di Indonesia menghadapi pandemi Covid-19.

“Kami berharap dapat membantu proses bisnis para pelanggan Lintasarta agar tetap produktif disaat karyawan harus bekerja dari rumah,” kata Direktur Utama Lintasarta Arya Damar melalui keterangan tertulisnya hari ini

Maklum saja, sejak pemerintah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan untuk menghentikan laju pandemi ini, beberapa perusahaan di Tanah Air mulai memberlakukan kebijakan Work from Home (WFH) bagi para karyawannya. Sementara itu, aktivitas bisnis tetap harus berjalan dengan baik guna memenuhi kebutuhan konsumen.

“Untuk itu dengan diberlakukannya WFH kami siapkan layanan baru untuk pelanggan yang memberikan keamanan tinggi, implementasi cepat, namun dengan biaya yang bersahabat. Perangkat kami ready dan didukung tim Lintasarta yang tersebar di 44 kota diseluruh Indonesia maka kami bisa menginstal layanan ini lebih cepat,” ujarnya

Arya menjelaskan, keunggulan layanan ini adalah keamanan yang didukung oleh platform security terbaik. Terlebih, katanya, dalam mengimplementasikannya pun cukup cepat dan mudah dimana hanya dibutuhkan satu perangkat di kantor pusat yang nantinya setiap karyawan hanya perlu menginstal aplikasi VPN dengan memanfaatkan internet yang telah dimiliki.

“Prinsip kami bahwa Lintasarta tumbuh bersama pelanggan sehingga disaat pandemi covid19 ini kami berharap dapat membantu pelanggan dengan sebaik mungkin sesuai dengan keahlian kami,” ujarnya

Selain itu, lanjut Arya, keunggulan lain dari layanan Lintasarta Mobile Workforce VPN ini ialah dapat terintegrasi dengan Keamanan IT perusahaan, multiplatform karena bisa digunakan di laptop, PC, tablet atau smartphone, serta dapat menggunakan jaringan internet apapun yang dimiliki karyawan di rumah atau dimanapun. “Layanan ini dapat digunakan di semua segmen pekerjaan khususnya karyawan yang harus WFH, karyawan yang harus mobile atau sering melakukan traveling,” jelasnya.

Dikatakan Lintasarta Mobile Workforce VPN selain menyediakan tunnel dapat pula ditambahkan kemanan lebih lanjut agar lebih menjamin keamanan pelanggan. Salah satu contohnya, dapat ditambahkan fitur untuk memonitor Operating System dan aplikasi yang terinstal pada perangkat milik karyawan di rumah untuk mengantisipasi celah celah keamanan yang mungkin membahayakan data perusahaan. “Karena VPN yang ada di pasaran rata-rata hanya memberikan keamanan berupa pipa atau tunnel pada jaringan internet,” tutupnya.( RO)

 

BERITA TERKAIT