01 May 2020, 22:19 WIB

Materi Jurnalistik Prita Dicabut dari Program Kartu Prakerja


Abdillah Muhammad Marzuqi | Humaniora

SKILL Academy by Ruangguru merespons permintaan pencabutan materi jurnalistik yang diajukan oleh Prita Kusumaputri.

Public Relations Lead Ruangguru Sekar Krisnauli mengungkapkan materi tersebut tidak lagi ditawarkan pada peserta Kartu Prakerja per 2 Mei.

"Kami memutuskan bahwa kelas tersebut tidak akan ditawarkan untuk peserta Kartu Prakerja mulai dari 2 Mei," terang Public Relations Lead Ruangguru Sekar Krisnauli pada Media Indonesia (1/5).

Baca juga: Akui Kartu Prakerja tidak Transparan, Budiman Klaim Sudah Lapor

Sekar juga menjelaskan mekanisme kerja sama antara pihak pemateri dan Skill Academy.

"Terkait mekanisme kerjasama dengan pengajar, itu bervariasi bentuknya. Dalam konteks kerja sama dengan Saudari Prita, kerjasama sudah dilakukan sejak 2019, di mana hak cipta dan penggunaan berada di pihak Skill Academy sepenuhnya. Hal tersebut sudah disepakati sejak awal kerjasama oleh kedua belah pihak dengan kontrak tertulis," ujarnya.

Baca juga: NasDem Desak Pelatihan Daring Di Kartu Prakerja Dihentikan

Meski demikian, pihak Skill Academy berusaha memahami besarnya atensi publik pada persoalan tersebut.

"Namun, kami juga berusaha memahami atensi publik yang mungkin dilalui oleh Saudari Prita, dan permintaannya untuk menarik kelas tersebut," tandasnya.

Sebelumnya, salah satu pengajar di Ruangguru untuk kelas jurnalistik Prita Kusumaputri mengajukan protes karena materi pelatihannya masuk dalam program Prakerja. Menurutnya, pada kesepakatan awal, materi tersebut tampil di Skill Academy untuk pembelajaran pribadi. Namun, kelasnya malah masuk dalam program Kartu Prakerja.(OL-2)

 

BERITA TERKAIT