01 May 2020, 17:23 WIB

May Day, Buruh Ganti Demo dengan Aksi Sosial Bagikan APD


Insi Nantika Jelita | Humaniora

PERAYAAN Hari Buruh atau May Day, Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) serentak mengganti aksi demo dengan aksi sosial. Mereka memberikan ribuan Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga medis ke beberapa rumah sakit di Jabodetabek.

Ada tiga rumah sakit yang mendapatkan bantuan tersebut, yakni Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) di Jakarta Pusat, Rumah Sakit Annisa di Cikarang dan RSUD Balaraja di Tangerang.

"Total ada ribuan APD diserahkan ke beberapa rumah sakit. Tak hanya itu, kami juga membagikan masker, dan hand sanitizer bagi masyarakat yang membutuhkan," ujar Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Andi Gani Nena Wea dalam keterangan resminya, Jakarta, Jumat (1/5).

MPBI merupakan gabungan tiga konfederasi buruh terbesar dengan jutaan anggota yakni Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI).

Mereka sepakat untuk tidak menggelar aksi May Day karena adanya pandemi Covid-19. Menurut Andi, aksi perayaan yang berbeda dari tahun sebelumnya tidak mengurangi esensi May Day.

"Disatu sisi membuktikan kalau buruh tidak hanya garang di aksi demonstrasi tapi juga peduli terhadap aksi sosial," kata Andi.

Selain di Jakarta, KSPSI Provinsi Jawa Barat juga memberikan bantuan APD baju medis sebanyak 160 pcs dan 160 pcs APD pelindung muka yang dibagikan ketiga tempat rujukan pasien Covid-19 yaitu RS Al Islam Bandung, RSUD Ujung Berung, dan BPSDM Jawa Barat. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT