01 May 2020, 17:19 WIB

Pasien Positif Korona Purbalingga Bertambah 2 dari Klaster Gowa


Lilik Dharmawan | Nusantara

PASIEN positif virus korona atau covid-19 di Purbalingga, Jawa Tengah, bertambah dua orang dari klaster Ijtimak Ulama Gowa, Sulawesi Selatan.

Sedangkan di Banjarnegara, rapid test terhadap dua pendatang juga dipastikan positif. Kedua pendatang itu baru kembali dari Magetan, Jawa Timur.

Baca juga: Seminggu PSBB, Warga Miskin Tegal belum Terima Bantuan

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan, hingga Kamis (30/4), di Purbalingga ada tambahan dua kasus yakni dua laki-laki yang berasal dari Kecamatan Karangreja. "Dengan bertambahnya dua kasus tersebut, sampai sekarang ada 32 kasus positif,"ujarnya.

Dia menambahkan, untuk pasien dalam pengawasan (PDP), jumlahnya mencapai 159. Dari jumlah tersebut, yang masih dirawat sebanyak 37 pasien, yang negatif 78 pasien, dan menjadi positif 32 kasus.

"Sementara orang dalam pemantauan (ODP) ada sebanyak 2.552 orang, 2.138 di antarany sudah selesai pemantauan dan saat sekarang yang dipantau sebanyak 414 orang.

Baca juga: Langgar PSBB, Peserta Pesta di Room Karaoke di Pekanbaru Divonis

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono menginformasikan ada dua pendatang yang positif berdasarkan rapid test. "Sehingga keduanya langsung diisolasi dan menunggu uji swab. Dua warga tersebut berasal dari Karangkobar dan baru pulang dari pondok pesantren di Magetan. Kami mengimbau kepada msyarakat yang melakukan perjalanan ke Gowa dan baru saja pulang dari Ponpes di Magetan untuk segera melapor. Nanti tim akan melakukan rapid test,"katanya.

Ia mengimbau agar masyarakat tidak menutupi riwayat perjalanan atau riwayat kontak. Hingga kini, di Banjarnegara terdapat 18 kasus positif Covid-19. Sementara dari hasil rapid test ada 32 orang yang positif. Namun, masih harus menunggu kepastian hasil swab. (X-15)

BERITA TERKAIT