01 May 2020, 17:15 WIB

Seminggu PSBB, Warga Miskin Tegal belum Terima Bantuan


Supardji Rasban | Nusantara

PEMBATASAN Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Tegal, Jawa Tengah, sudah berjalan lebih dari sepekan. Hanya saja, banyak warga miskin yang belum mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Salah satunya Sri Utami, 45, warga miskin yang tinggal di rumah bedeng 3x4 meter di sebuah gang sempit di Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal.

Baca juga: 7 Warga Terindikasi Covid-19, Desa Sediakan Ruang Isolasi

Sri dan keluarganya belum mendapat bantuan apapun dari pemerintah. "Belum pernah menerima bantuan apapun dari siapapun," ujar Sri, Jumat (1/5).

Suami Sri, Supriyadi, kini menganggur sebagai imbas wabah pandemi virus korona atau covid-19. "Ya inginnya tentu ada bantuan sembako atau apa lah," ucapnya.

Baca juga: Desa Adat Intaran Sanur Tutup Akses Jalan ke Pantai

Ketua RT 04/ RW 03 Kelurahan Panggung, Maksum, menyebut di RT-nya ada 59 kepala keluarga (KK) yang belum mendapatkan bansos dari pemerintah. Sementara bantuan dari Pemkot Tegal Maksum mengaku pihaknya hanya mendapatkan 17 paket sembako.

"Memang banyak warga miskin di sini yang tidak kebagian sembako," tutur Maksum.

Menurut Maksum, data yang digunakan untuk pendataan bantuan sembako masih menggunakan data Dinsos yang lama tanpa melibatkan ketua RT yang memiliki data warga miskin paling mutakhir.

"Saya sebagai ketua RT di sini tidak dilibatkan padahal menggunakan data lama yang dalam kenyataannya sudah banyak perubahan," jelas Maksum. (X-15)

BERITA TERKAIT