01 May 2020, 16:45 WIB

7 Warga Terindikasi Covid-19, Desa Sediakan Ruang Isolasi


Depi Gunawan | Nusantara

Dalam upaya penanganan penyebaran virus covid-19, aparat Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat menyediakan ruang isolasi darurat. Ukurannya 4 x 6 meter.

Ruang tersebut akan dimanfaatkan oleh warga desa yang terkonfirmasi positif covid-19 untuk isolasi mandiri. Dalam ruangan telah tersedia tempat tidur, alat memasak, kamar mandi, dan fasilitas olahraga.

Penyediaan ruang isolasi ini sesuai arahan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar yang meminta bahwa setiap desa diharuskan membentuk relawan desa lawan covid-19.

"Ruang isolasi darurat ini sebagai bentuk antisipasi terkait segala kemungkinan perkembangan virus covid-19 di wilayah kami," kata Kepala Desa Pagerwangi, Agus Ruhidayat, Jumat (1/5).

Baca juga: Bantuan Bahan Pokok Bagi Keluarga PDP dan ODP

Desa Pagerwangi ditetapkan sebagai wilayah zona merah penularan covid-19. Dari hasil rapid test yang dilaksanakan Puskesmas Lembang, ditemukan tujuh warga Desa Pagerwangi terindikasi positif covid-19.

Namun, Agus meminta warganya tak khawatir atau cemas. "Sebab tujuh orang tersebut akan menjalani swab test untuk memastikan kondisi mereka," sambungnya.

Jika hasilnya masih tetap, kata Agus, desa telah menyediakan ruang isolasi. "Kalau misal tujuh orang tersebut hasilnya semua positif, mungkin kami tambah ruangan isolasinya," ungkapnya.

Agus berjanji pihaknya akan siap menyediakan ruang isolasi. "Sebab tak dimungkiri jika ke depannya timbul gejolak penolakan pasien yang terjangkit virus korona di masyarakat, terutama dari pihak keluarga," kata Agus.

Selain itu, Agus memastikan pihaknya akan melakukan pemantauan bersama puskesmas bila ada pasien yang diisolasi. "Pihak desa juga akan menjamin segala kebutuhan sehari-hari, termasuk sembako selama isolasi hingga pasien tersebut
sembuh," pungkasnya. (OL-14)

 

BERITA TERKAIT