01 May 2020, 15:43 WIB

May Day, KSBSI Semprot Disinfektan ke Rumah Buruh


Lina Herlina | Nusantara

PERINGATAN Hari Buruh di saat pandemi virus korona atau covid-19 di Sulawesi Selatan diwarnai aksi penyemprotan disinfektan di permukiman buruh.

"Kami melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah buruh dan memberikan bantuan sembako kepada buruh yang yang tidak berpenghasilan akibat pandemi covid-19 yang mewabah di Kota Makassar," jelas Koordinator Wilayah Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) Sulawesi Selatan Andi Mallanti, Jumat (1/5).

Baca juga: Khofifah Sebut May Day 2020 Diselimuti Keprihatinan

Para buruh juga membuka posko pengaduan kepada seluruh buruh/pekerja yang terdampak covid-19. "Baru tiga hari dibuka posko tersebut sudah diserbu 441 pekerja yang mengadu. Terdiri dari 205 pekerja asal Makassar dan 236 dari luar Makassar," sebut Mallanti.

Baca juga: Wakil Ketua MPR Minta Pemerintah Waspadai Lonjakan Pengangguran

Adapun pengaduan yang di sampaikan adalah para pekerja dirumahkan, dengan hanya diberi gaji 75%, 50%, atau tanpa mendapatkan upah sama sekali. Dan mereka itu ternyata buruh harian lepas.

"Banyak pengaduan yang kita terima. Kita akan membantu dengan maksimal di tengah covid-19 dan Ramadan 2020. Kita harus merdeka di May Day atau Hari Buruh Internasional," tutup Mallanti.

Baca juga: Pemerintah Diminta Perhatikan Pendidikan yang Terdampak Covid-19

Dia juga mengapresiasi sikap Presiden Joko Widodo untuk menunda pembahasan RUU Cipta Kerja klaster ketenagakerjaan.

"Keputusan Presiden Jokowi inilah momentum bagi kita semua termasuk kaum buruh, untuk menjaga persatuan Indonesia dalam melawan covid-19 dan mengatur strategi bersama mencegah darurat pemutusan hubungan kerja (PHK) pascapandemi korona," kata Mallanti. (X-15)

BERITA TERKAIT