01 May 2020, 13:12 WIB

Mayoritas Positif Korona di Saudi dari WNA


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

ARAB Saudi mengonfirmasi 1.351 kasus baru virus korona selama 24 jam terakhir, sehingga totalnya menjadi 22.753. Sementara itu, korban meninggal mencapai 162 jiwa setelah lima kematian tambahan dicatat.

Seorang juru Kementerian Kesehatan mengatakan 83% dari kasus yang baru terdeteksi adalah kasus non-Saudi.

Tim medis telah secara aktif melakukan tes lapangan di seluruh Kerajaan untuk menyaring sebanyak mungkin orang, dengan fokus pada daerah perumahan yang padat.

Saat jumlah kasus yang dikonfirmasi terus meningkat, terjadi juga peningkatan jumlah pasien yang pulih, dan jumlah kematian tetap relatif rendah.

Kurang dari 1% dari mereka yang tertular virus di Saudi telah meninggal dunia, sementara 14% pasien covid-19 telah pulih sejauh ini.

Awal bulan ini, Menteri Kesehatan Tawfiq al-Rabiah mengatakan kasus virus korona Saudi dapat mencapai antara 10.000 hingga 200.000 berdasarkan empat studi berbeda yang dilakukan oleh para ahli Saudi dan asing.

Namun, Saudi menerapkan beberapa langkah pencegahan untuk memperlambat penyebaran virus. Beberapa langkah-langkah ini baru saja diperlonggar seiring dimulainya bulan suci Ramadan.

Pengaturan jam malam direvisi sehingga memungkinkan orang untuk keluar di siang hari tetapi masjid tetap tertutup untuk semua kegiatan salat berjamaah di seluruh negeri, termasuk dua situs paling suci di Makkah dan Madinah yaitu Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Semua pertemuan besar publik dan pribadi masih dilarang. (Al Arabiya/OL-8).

 

BERITA TERKAIT