01 May 2020, 12:54 WIB

Los Angeles Tawarkan Tes Covid-19 Gratis untuk Warga


Nur Aivanni | Internasional

LOS Angeles menawarkan pengujian virus korona baru atau covid-19 gratis untuk semua penduduknya, terlepas dari apakah mereka menunjukkan gejala.

Wali Kota Los Angeles Eric Garcetti membuat pengumuman itu hanya beberapa jam setelah Los Angeles County melaporkan peningkatan harian terbesarnya dalam kasus baru covid-19.

"LA sekarang merupakan kota besar pertama di Amerika Serikat (AS) yang menawarkan pengujian covid-19 secara gratis," cicit Garcetti dalam akun Twitternya, seperti dikutip dari BBC, Jumat (1/5).

Baca juga: California akan Tutup Pantai untuk Cegah Penyebaran Covid-19

Sampai sekarang, hanya pekerja penting dan mereka yang menunjukkan gejala bisa melakukan pengujian covid-19 karena kelangkaan alat uji.

Sementara itu, California memerintahkan semua pantai di Orange County untuk ditutup.

California adalah negara bagian terpadat di AS dan sementara beberapa pantainya telah ditutup selama berminggu-minggu, yang lain tetap dibuka dengan memberlakukan aturan jaga jarak sosial.

Los Angeles County saat ini menyumbang hampir setengah dari kasus virus korona yang dikonfirmasi di California. Negara bagian itu sejauh ini melaporkan lebih dari 48.000 kasus dan lebih dari 1.900 kematian.

California adalah salah satu negara bagian AS pertama yang menerapkan pembatasan, mengeluarkan perintah untuk tinggal di rumah kepada warganya pada bulan lalu dalam upaya untuk membendung wabah virus korona.

Gubernur California Gavin Newsom baru-baru ini mengatakan bahwa masih beberapa minggu lagi untuk mencabut beberapa pembatasan di negara bagiannya. (OL-1)

BERITA TERKAIT