01 May 2020, 14:00 WIB

Kapten Bournemouth Khawatir Jadi Karier Covid-19


Antara | Sepak Bola

KAPTEN Bournemouth Simon Francis mengutarakan kekhawatirannya akan kemungkinan pemain menjadi karier virus korona jika Liga Primer Inggris musim 2019/20 dilanjutkan.

Liga Primer Inggris saat ini ditangguhkan untuk menekan pandemi covid-19, tetapi belakangan ada peluang musim dilanjutkan dengan catatan bakal digelar tanpa penonton.

Keputusan mungkin akan diambil pada Jumat (1/5) waktu setempat ketika tim-tim Liga Primer Inggris menggelar rapat di tengah ancaman hilangnya pendapatan dari hak siar jika musim dihentikan.

Baca juga: Murray Tolak Usulan Pemain Pakai Masker

"Kepala saya ingin sepak bola berlanjut dan merampungkan musim di atas lapangan, tetapi hati saya berkata kita tidak boleh mengedepankan sepak bola maupun ekonomi di atas kesehatan dan keselamatan," ujar Francis dalam wawancara dengan harian The Times, Kamis (30/4).

"Saya sadar sepak bola akan menjadi penyemangat banyak orang. Saya sendiri masih begitu, jika bisa menonton pertandingan di televisi itu luar biasa, tetapi jelas ada risiko yang muncul," imbuhnya.

Sejumlah klub, termasuk Bournemouth, sudah mulai membuka pusat latihan lagi dan para pemain bisa berlatih secara mandiri. Tetapi, Francis khawatir bisa saja mereka menjadi karier virus korona dan mengancam keluarga mereka di rumah.

"Istri teman saya baru-baru ini terjangkit virus korona. Ia tidak memperlihatkan masalah kesehatan tetapi kondisinya tidak baik juga, harus beristirahat lebih dari sepekan," kata Francis.

"Itu membuat saya berpikir. Pemain sepak bola jelas atlet yang cukup sehat dan risiko bagi kami, secara statistik cukup rendah. Tetapi, ada peluang kami menjadi karier, membawa virus ke rumah, ke keluarga, dan itu bukan sesuatu yang menyenangkan untuk dipikirkan," lanjutnya.

Francis mengakui di timnya sendiri ada beberapa pemain yang cukup khawatir jika musim dilanjutkan.

"Kami punya tiga atau empat pemain yang keluarganya punya masalah kesehatan. Salah satu pemain pulang ke negaranya bersama istrinya yang baru saja bersalin," katanya.

"Diego Rico saat ini di Spanyol bersama keluarganya. Apakah mereka harus dikarantina ketika kembali ke sini? Kapan waktu yang aman untuk mereka bisa bertemu keluarganya lagi?" pungkas Francis. (OL-1)

BERITA TERKAIT