01 May 2020, 07:31 WIB

Warga Bogor Raya yang Sembuh Covid-19 Jadi 23 Orang


Dede Susianti | Megapolitan

JUMLAH warga di Kota dan Kabupaten Bogor (Bogor Raya) yang sembuh dari virus korona (covid-19) terus bertambah.

Secara keseluruhan, hingga Kamis (30/4) pukul 20.00 WIB, pasien positif covid-19 yang sembuh menjadi 23 orang. Rinciannya sebanyak 13 warga Kabupaten Bogor dari total yang positif 118 orang dan sebanyak 10 warga Kota Bogor dari total 77 orang yang positif.

Juru bicara Satuan Gugus Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor Syarifah Sopiah mengatakan yang baru dinyatakan sembuh ada satu orang.

"Satu orang terkonfirmasi sembuh. Dia adalah seorang laki-laki, usia 50 tahun, asal Kecamatan Cibinong," kata Syarifah.

Baca juga: Jumlah PDP yang Meninggal di Bogor Melonjak

Sedangkan untuk yang statusnya pasien dalam pengawasan (PDP) lanjutnya, totalnya ada 469 dan yang statusnya orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 323.

Sementara itu, di Kota Bogor, warga yang dinyatakan sembuh dari covid-19 bertambah tiga orang per 30 April.

"Sampai Kamis (30/4) pukul 14.00 WIB, yang sembuh bertambah tiga orang. Dari tujuh orang jadi 10 orang," kata juru bicara Gugus Tugas Siaga Korona Pemkot Bogor Sri Nowo Retno.

Sri yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor itu menjelaskan secara rinci data penyebaran covid-19 di Kota Bogor.

Untuk yang terkonfirmasi positif pun terus bertambah. Per 30 April, terdapat penambahan jumlah pasien positif yang sebelumnya 76 orang menjadi 77 orang. Sebanyak 54 orang di antaranya, saat ini masih dalam perawatan rumah sakit dan sebanyak 13 orang di antaranya meninggal.

Sedangkan untuk yang statusnya pasien dalam pengawasan, katanya, totalnya ada 191 orang, dengan yang dinyatakan selesai atau sembuh sebanyak 62 orang . Untuk yang saat ini masih dalam pengawasan, perawatan rumah sakit sebanyak 93 orang dan yang meninggal sebanyak 36 orang.

"Jumlah PDP yang meninggal setiap hari bertambah. Pada tanggal 29 ada lima orang yang meninggal dan tanggal 30 ada empat orang yang meninggal. Saat ini masih menunggu hasil swab dari Jakarta, Bandung dan IPB," terangnya.

Dengan bertambahnya yang terkonfirmasi positif, secara otomatis jumlah yang ODP jumlahnya melonjak. Saat ini jumlahnya mencapai 1.085 orang dengan yang dinyatakan selesai sebanyak 946, dan dalam pemantauan sebanyak 139 orang.

Sedangkan untuk yang statusnya orang tanpa gejala (OTG), totalnya sebanyak 160 orang. Dari itu yang dinyatakan selesai sebanyak 55 orang dan dalam pemantauan sebanyak 105 orang.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto yang sudah kembali bekerja setelah sembuh dari covid-19, langsung mengintensifkan pemeriksaan atau tes. Baik rapid tes ataupun swab.

Setelah melakukan tes swab terhadap 350 penumpang kereta dan petugas di Stasiun Bogor, pihaknya juga melakukan rapid tes di pasar.

Sebanyak 197 pedagang mengikuti rapid test di Jalan Bata, Pasar Bogor, Bogor Tengah. Meski seluruh hasilnya dinyatakan negatif, pihak Perumda Pasar Pakuan Jaya tetap memberlakukan pengawasan ketat kepada para pedagang dan pengunjung.

Selain stasiun, pasar merupakan salah satu titik yang memiliki risiko penyebaran covid-19. Karena banyak interaksi dan ada kerumunan massa. (OL-1)

BERITA TERKAIT