01 May 2020, 08:45 WIB

Prancis Ajak Liga Top Eropa Hentikan Kompetisi


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

LIGUE 1 baru saja dihentikan permanen. Paris Saint-Germain, pemuncak klasemen, dinobatkan sebagai juara Ligue 1 musim 2019-2020.

Keputusan itu diambil Liga Sepak Bola Profesional Prancis (LFP) setelah menindaklanjuti arahan dari pemerintah yang melarang event olahraga profesional hingga September.

Le Parisien melaporkan Presiden Prancis Emmanuel Macron, melalui Menteri Olahraga Roxana Marancineanu, melobi liga top Eropa lainnya, seperti Italia dan Spanyol untuk ikut menghentikan kompetisi.

Baca juga: Ligue 1 Berakhir, PSG Dinyatakan Juara

Pemerintah Prancis beralasan menghentikan liga top Eropa secara serentak, akan ada kesamaan jadwal dan kalender sepak bola untuk musim depan.

Meski demikian, tampaknya akan sulit bagi negara lain mendengarkan usulan itu.

Jerman memprioritaskan melanjukan Bundesliga yang rencananya digelar 9 Mei tanpa penonton. Sementara itu, Serie A, La Liga, dan Liga Primer Inggris juga berkomitmen melanjutkan kompetisi, meski harus digelar tanpa penonton.

Meski ada pro kontra terkait melanjutkan liga di tengah kondisi yang belum bisa memastikan kesehatan, pihak operator dan klub-klub telah sepakat. Kini pihak operator tinggal menunggu lampu hijau dari pemerintah setempat untuk melanjutkan liga. (AS/OL-1)

BERITA TERKAIT