01 May 2020, 07:16 WIB

Kedubes Kuba di Washington Ditembaki


Basuki Eka Purnama | Internasional

SEORANG pria bersenjatakan senapan tempur melepaskan tembakan ke Kedubes Kuba di Washington, Amerika Serikat (AS), Kamis (30/4), menyebabkan sejumlah kerusakan namun tidak mengakibatkan korban.

Polisi telah menangkap pelaku yang diidentifikasi sebagai Alexander Alazo, 42, asal Aubrey, Texas.

"Pagi ini, sekitar pukul 02.15, petugas Secret Service datang ke Kedutaan Besar Kuba setelah ada laporan penembakan," ungkap Secret Service dalam keterangan resmi.

"Satu orang ditangkap karena memiliki senjata api tidak terdaftar serta amunisi tidak terdaftar. Dia juga didakwa melakukan penyerangan dengan tujuan membunuh. Tidak ada korban jiwa di lokasi," imbuh badan pemerintah AS itu.

Baca juga: Trump Tuduh Tiongkok Ingin Dirinya Kalah dalam Pilpres 2020

Meski tersangka ditahan oleh kepolisian Washington, penyelidikan insiden itu juga melibatkan Secret Service yang bertanggung jawab memastikan keamanan diplomat asing dan kedutaan.

"Pelaku langsung diamankan tanpa insiden dan senjatanya disita," ujar Juru Bicara Kepolisian Metro Washington Hugh Carew.

Belum diketahui motid Alazo melakukan penembakan terhadap kedutaan besar Kuba itu.

Kedutaan Besar Kuba mengunggah gambar lubang peluru di tembok dan jendela gedung kedutaan.

"Staf kedutaan tidak terluka dan dalam keadaan aman. Penyelidikan masih berlanjut," cicit Menteri Luar Negeri Kuba Bruno Rodriguez.

"Merupakan tanggung jawab sebuah negara untuk melindungi diplomat yang ditempatkan di negara mereka serta fasilitas kedutaan," imbuhnya. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT