30 April 2020, 22:21 WIB

Dukung Tenaga Medis, UBL Donasikan APD ke RSUD Tangerang


Syarief Oebaidillah | Humaniora

UNIVERSITAS Budi Luhur kembali menggelar aksi donasi terhadap tenaga medis yang menangani covid-19. Aksi bertajuk #Bluetizen Ramadhan Action itu dilakukan dengan mendonasikan alat pelindung diri (APD) dan logistik ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang, Kamis (30/4).

Bantuan yang diberikan berupa 150 baju hazmat, 450 masker, 3 dus sarung tangan, susu, vitamin dan berbagai macam minuman berenergi .

Seperti diketahui, RSUD Kota Tangerang menjadi salah satu rumah akit rujukan khusus yang menangani pasien covid-19 dan tidak melayani pasien umum. Saat ini RSUD Kota Tangerang telah merawat 20 pasien terinfeksi covid-19.

Kasubag RSUD Kota Tangerang Susi Hartati mengemukakan untuk kebutuhan alat pelindung diri bagi tenaga medis pihaknya sangat mengharapkan bantuan donasi. Dalam sehari perputaran kebutuhan APD bisa mencapai 300 unit.

”Terus terang kami bertumpu pada donasi. Kami ada anggarannya namun penyediaan yang kami sulit. Apalagi dengan kondisi saat ini, lalu lintas barang yang masuk menjadi sulit. Jadi alhamdulliah kami berterimakasih atas bantuan dari Universitas Budi Luhur ini, "kata Susi Hartati saat menerima donasi dari UBL tersebut.

Paramedis di RSUD Kota Tangerang menghadapi banyak suka dan duka dalam merawat pasien Covid-19. Hingga saat ini para tenaga medis selama 28 hari baru bisa pulang bertemu keluarga, sehingga alat pelindung diri menjadi hal yang paling dibutuhkan

Baca juga : Indonesia Bakal Penuhi Kewajiban pada WHO

"APD amat kita butuhkan, karena itu satu-satunya yang melindungi kita dalam bekerja menangani pasien . Kita juga ingin pulang ke rumah dengan sehat,“ ujar Vivi Yunita, dokter RSUD Kota Tangerang.

Ketua Yayasan Budi Luhur Cakti Kasih Hanggoro mengatakan, aksi di bulan Ramadan itu merupakan bentuk empati civitas akademika UBL dan ucapan terima kasih bagi tenaga medis yang jadi garda terdepan penanganan covid-19 di Indonesia.

"Semoga mereka dapat berjuang terus sembari kita bantu dengan doa. Aksi simpatik kepada tenaga medis ini telah kami laksanakan setiap pekan dalam bulan April ini. UBL siap menjadi garda terdepan dalam melindungi tenaga medis.” kata Kasih.

Aksi simpatik juga diberikan Universitas Budi Luhur kepada masyarakat yang terdampak langsung pandemi covid-19 dengan memberikan diskon 50% untuk biaya pendidikan bagi masyarakat yang ingin berkuliah di Universitas Budi Luhur. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT