30 April 2020, 19:45 WIB

Di Jateng Angka Kesembuhan Covid-19 Meningkat dan PDP Menurun


Akhmad Safuan | Nusantara

Jumlah pasien positif covid-19 sembuh dan dipulangkan di Jawa Tengah terus meningkat. Begitu pula jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) menurun drastis dalam kurun 24 jam terakhir.

Data dihimpun dari Dinas Kesehatan Jawa Tengah hingga pukul 12.01 WIB jumlah pasien positif covid-19 yang sembuh telah mencapai 118 orang atau meningkat dibanding sehari sebelumnya sebanyak 111 orang.

Adapun pasien meninggal naik satu angka dari sebelumnya 70 orang menjadi 71 orang.

Jumlah positif covid-19 di provinsi ini telah mencapai 730 orang. Sebanyak 541 orang di antaranya masih dirawat dan diisolasi di puluhan rumah sakit rujukan yang tersebar di 35 kabupaten/kota di Jateng.

Baca juga: Berantas Premanisme, Polri Imbau Minimarket Pasang CCTV

Jumlah orang dalam pemantauan (ODP) terus meningkat mencapai 29.979 orang. Namun, angka PDP mengalami penurunan cukup drastis dari sehari sebelumnya 1.341 orang menurun menjadi 932 orang.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengharapkan peningkatan pasien positif covid-19 sembuh dapat menjadi motivasi yang tinggi bagi tim medis dan warga. "Ini menumbuhkan rasa optimisme bagi pasien dan warga Jateng," ujarnya.

Meningkatnya angka kesembuhan jauh melampaui angka meninggal dunia, lanjut Ganjar, merupakan langkah promotif dan preventif yang berpengaruh dalam penanganan covid-19. "Agar warga semakin paham tentang hidup sehat yang dibangun mulai dari memakai masker dan cuci tangan pakai sabun," tandasnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT