30 April 2020, 19:03 WIB

Ramadan Tahun ini, BI tak Layani Penukaran di Tempat Umum


Suryani Wandari Putri Pertiwi | Ekonomi

KEPALA Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI) Marlison Hakim menyatakan khusus tahun ini Bank Indonesia tidak melakukan pelayanan untuk penukaran uang secara individual seperti biasanya disediakan melalui penyediaan penukaran di lokasi umum. Tahun ini hanya disediakan melalui loket di bank.

"Jadi penukaran uang tunai masyarakat yang biasa dilakukan di Monas dan tempat lainya tidak ada lagi tahun ini. Hal itu untuk menghindari kerumunan orang," kata Marlison saat konferensi pers, Kamis (30/4).

Baca juga: Uang Juga Dikarantina Selama 14 Hari agar Aman dari Korona

Menurutnya, hal ini dilakukan dengan menegakkan protokol pencegahan Covid-19 pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang telah ditetapkan Pemerintah.

BI telah berkoordinasi dan meminta perbankan agar dalam memberikan layanan tetap melakukan protokol pencegahan Covid-19. Protokol dimaksud antara lain penggunaan masker, pemindaian suhu tubuh, dan penerapan physical distancing.

Lebih lanjut, Marlison mengatakan, BI hanya melayani penukaran uang pecahan kecil kepada mitra strategis BI secara wholesale dengan pengambilan uang secara langsung di BI.

Pelayanan uang pecahan kecil oleh masyarakat yang biasa dilakukan jelang hari raya idul fitri akan dilayani oleh bank-bank di seluruh Indonesia yang jumlahnya mencapai 3.742 kantor cabang bank di seluruh Indonesia, yang terdiri atas 344 KC bank di daerah Jabodetabek dan 3.398 KC bank di wilayah luar Jabodetabek terhitung mulai dari tanggal 29 April s.d. 20 Mei 2020. (OL-6)

BERITA TERKAIT