30 April 2020, 19:05 WIB

PDP Covid-19 Asal Majenang Meninggal di Tasikmalaya


Adi Kristadi | Nusantara

CRISIS center Covid-19 Kota Tasikmalaya mengumumkan pasien dalam pengawasan (PDP) berinisial Y, 50, warga Jalan GOR, Kelurahan Sindangsari, Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap, meninggal dunia di ruang isolasi rumah sakit umum daerah (RSUD) dr Soekardjo, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Uus Supangat mengatakan, satu PDP yang meninggal ini, sebelum berada di Kota Tasikmalaya sudah mengalami batuk dan demam hingga saudaranya membawanya ke puskesmas dan mendapatkan perawatan.

"Pasien berjenis kelamin perempuan itu datang ke Kota Tasikmalaya beberapa hari lalu dan menginap satu malam di rumah saudaranya. Namun, malam hari saudaranya mendengar suara keluhan batuk, sesak nafas dan membawa ke Puskesmas hingga dirujuk ke RSUD karena hasil rapid test dinyatakan positif. Kita sekarang menunggu swab yang belum keluar," kata Uut Supangat, Kamis (30/4)
.
Uus menegaskan, PDP di Kota Tasikmalaya hingga saat ini masih tetap 23 orang diantaranya 23 selesai (sembuh), enam orang masih mendapatkan perawatan dan tiga lainnya meninggal dunia.

"Perlakukan jenazah sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP)  Covid-19 dan di makamkan. Pelaksanaan pemakaman dihadiri keluarga dari jarak jauh,  pemakaman juga tidak ada penolakan warga," ujarnya.

Terkait pandemi Covid-19 ini, Uut meminta warga tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat (PHBS) sesuai anjuran pemerintah.  Jika keluar rumah memakai masker, jaga jarak dan jangan berkerumun.  (OL-13)

 

BERITA TERKAIT