30 April 2020, 16:17 WIB

Rapid Test 6 Pegawai BNPB Tunjukkan Hasil Positif


Cahya Mulyana | Humaniora

SEBANYAK enam pegawai Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) positif terinfeksi covid-19 berdasarkan pemeriksaan cepat atau Rapid Test. Seluruhnya menjalani isolasi mandiri serta mendapatkan pendampingan dari tenaga medis.

"Skrining awal yang dilakukan pada Rabu (29/4/l) diikuti oleh 502 orang dan didapatkan ada enam pegawai yang dinyatakan memiliki indikasi terinfeksi virus (covid-19) setelah melalui dua kali pengujian. Keenam, pegawai tersebut tidak menunjukkan sakit atau bergejala," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB Agus Wibowo dalam keterangan tertulisnya, Kamis (30/4).

Berdasarkan hasil rapid test itu, lanjut Agus, BNPB memberikan kebijakan terhadap keenam pegawai tersebut untuk menerapkan isolasi mandiri di lantai dua Graha BNPB. Sementara dokter yang bertugas dalam penanganan masalah ini memberi arahan kepada para pegawai bahwa hasil tes cepat ini menunjukkan uji antibodi.

Oleh karenanya, keenamnya akan menjalani swab test untuk mendapat hasil lebih akurat.

"Keenam pegawai yang memiliki indikasi terinfeksi virus dari hasil pemeriksaan antibodi berbasis respon imunologi itu kemudian diuji menggunakan swab tes yang hasilnya akan keluar tiga hingga lima hari kemudian. Swab tes ini juga akan dilakukan selama dua kali. Pengambilan sampel pegawai bertempat di RS Tarakan," ungkapnya.

Baca juga : Belum Ada Izin Edar, Distribusi Herbavid-19 Diminta Setop

Pascapengambilan sampel, keenam pegawai tersebut pun diantar ke rumah masing-masing dengan protokol isolasi mandiri dan pemantauan dari puskesmas setempat. Prosedur ini dimaksudkan sebagai pemantauan aktif, termasuk kepada anggota keluarga yang lain.

"Apabila hasil tes swab positif, mereka akan dikarantina di rumah sakit darurat covid atau Wisma Atlet sehingga penularan ke anggota keluarga atau orang lain dapat dihindari dan dicegah," kata Agus.

Sementara itu, Kepala Sumber Daya Manusia BNPB Kheriawan menjelaskan, hasil rapid test keenam pegawai BNPB tersebut bukan mutlak positif covid-19. Perkembangan keenamnya masih dalam pemantauan sembari menunggu hasil swab test dan isolasi mandiri berdasarkan masa inkubasi virus selama 14 hari.

“Rapid test positif belum tentu covid-19, jadi tindakan Isolasi mandiri bisa dilakukan di rumah dengan menjaga jarak dengan anggota keluarga yang lain, atau jika rumah kecil maka peserta yang positif ini dicarikan ruang atau rumah covid yang disedikan kabupaten/kota di daerah masing-masing sambil menunggu hasil swab,” pungkasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT