30 April 2020, 16:12 WIB

Polisi Tangkap Spesialis Curat Apartemen


Sri Utami | Megapolitan

POLRES Metro Jakarta Utara membekuk pelaku spesialis pencurian dan pemberatan (curat) apartemen. 

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto mengatakan pihaknya membekuk tersangka FI alias AB yang merupakan residivis kejahatan yang sama. 

"Tersangka ini spesialis apartemen dan juga merupakan residivis keluar masuk lapas. Catatan kami yang bersangkutan  keluar dari lapas salemba pada 2015. Kemudian  melakukan lagi dan dihukum di lapas cipinang dan keluar 2018 dan 2020 tersangka ini tertangkap kembali melakukan curat di apartemen," jelasnya, Kamis (30/4). 

Dalam melakukan kejahatannya FI alias AB memanfaatkan situasi lengah untuk memperoleh akses masuk ke apartemen. Tersangka memengaruhi karyawan cleaning servis dengan mengatakan akses masuknya tertinggal dan tidak bisa masuk. Tindak pidana ini tercatat sudah empat kali dilakukan tersangka sejak keluar dari lapas pada 2018. 

"Dia memengaruhi cleaning servis dengan bahasa yang mungkin agak sulit dimengerti oleh cleaning service yang pada intinya bahwa akses masuknya ini tertinggal dan dia tidak bisa masuk ke lantai tertentu," terang Budhi. 

Baca juga: Lagi, Polisi Gagalkan 'Penyelundupan' Pemudik

Tersangka melakukan pencurian dengan pemberatan di antaranya di apartemen Kemayoran Jakarta Pusat, apartemen Sunter Jakarta Utara dua kali dan apartemen Pluit Jakarta Utara satu kali. 

Sebelum beraksi pelaku harus terlebiu dulu memastikan kamar apartemen yang dihuni tersebut dalam keadaan kosong. 

"Sehingga dia kemudian dengan membawa alat khususnya linggis yang sudah dipersiapkan dia kemudian mendongkel pintu dan mengambil barang-barang yang ada di dalam apartemen itu," tukasnya. (A-2)

BERITA TERKAIT