01 May 2020, 10:00 WIB

Meet, Layanan Video Konferensi Google Bakal Digratiskan


Bagus Pradana | Weekend

SEIRING banyaknya orang yang bekerja dan belajar di rumah, berbagai aplikasi video conference kini jadi sering digunakan. Selain Zoom dan Skype yang jadi favorit, Meet sepertinya bakal jadi primadona. Aplikasi konferensi video premium dari Google itu, kini dapat digunakan secara gratis oleh semua orang. Aplikasi ini sebelumnya merupakan fitur premium yang dikembangkan Google (G Suite).

Dilansir dari cnn.com,  Kamis (30/4) dalam keterangan resminya CEO Alphabet Google, Sundar Pichai menyatakan, baru-baru ini 'Meet' telah berhasil meorehkan target capaian yang cukup signifikan, "Penggunaan telah meningkat 30 kali lipat sejak Januari dan 'Meet' sekarang mampu menampung lebih dari 100 juta peserta pertemuan harian," ungkap Pichai.

Untuk pengembangan aplikasi konferensi video mereka, Google lebih menekankan prinsip keamanan dengan tetap mempertahankan beberapa fitur pengaman utama, termasuk fitur 'ruang tunggu' untuk menyetujui atau menolak pengguna sebelum bergabung dalam forum, dan tidak mengizinkan pengguna anonim untuk turut serta.

Berbeda dengan Zoom yang membatasi penggunaan fiturnya hingga 40 menit, durasi batas penggunaan yang diterapkan 'Meet' lebih panjang yaitu hingga 60 menit. Namun, batas durasi itu baru akan diberlakukan pada September mendatang.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat menampung seratus orang dalam sekali panggilan rapat dan tetap akan mempertahankan beberapa fitur premium yang sebelumnya diperuntukan bagi pelanggan G Suite, termasuk sambungan langsung ke nomor telepon, fitur pengaturan forum yang memungkinkan upgrade forum yang lebih besar, serta rekaman pertemuan. (M-4)

BERITA TERKAIT