30 April 2020, 15:35 WIB

Kemenag Sambut Gembira Masjidil Haram Dibuka Kembali


Syarief Oebaidillah | Humaniora

SEIRING dibukanya kembali Masjidil Haram ,Mekah,dan Masjid Nabawi Madinah untuk aktivitas ibadah seperti biasanya.Kementerian Agama ( Kemenag) menyambut baik dan gembira.

"Kabar baik ini pasti sangat menggembirakan dan menjadi harapan bagi seluruh calon jemaah agar pelaksanaan haji tahun 2020 dapat diselenggarakan, " kata Wakil Menteri Agama ( Wamenag) Zainut Tauhid saat dihubungi Media Indonesia, Kamis (30/4).

Seperti diberitakan Presiden Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, Sheikh Abdul Rahman Al-Sudais melalui akun media sosial Haramain di Twitter, Rabu (29/4) menyatakan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi akan dibuka untuk Tawaf dan shalat wajib serta penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW.

"Saya membawa kabar baik kepada Muslim dunia bahwa aktivitas ibadah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi segera bisa normal kembali," ujar Sudais.

Zainut Tauhid menyatakan Kemenag akan mencermati secara antusias perkembangan yang terjadi di tanah suci tersebut.

'Kami akan terus memantau perkembangan yang terjadi di Tanah Suci dan juga kondisi di tanah air. Kami selalu menyiapkan berbagai opsi atau pilihan, agar kami dapat mengambil keputusan yang paling tepat. Demi kemaslahatan semuanya, " tegasnya seraya berharap pandemi wabah covid -19 di tanah suci dan di tanah suci segera berakhir.

Pihak kerajaan Arab Saudi hingga kini belum resmi menyatakan penyelenggaraan haji 2020 tetap dilaksanakan atau sebaliknya.Namun pengumuman Syekh Sudais ini dinilai sejumlah kalangan sebagai pertanda baik untuk harapan dan optimisme bahwa pelaksanaan ibadah haji tahun ini dapat diselenggarakan.

Harapan dan optimisme tersebut diantaranya dikemukakan Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji Umrah Republik Indonesia (DPP Amphuri ) Joko Asmoro melalui telekonferensinya dari Arab Saudi, kemarin.Tentunya, penyelenggaraan haji akan disesuaikan dengan kondisi-kondisi protokol kesehatan penanganan covid-19.

Menurut Joko Asmoro perkembangan terkini dalam penanganan covid-19 pemerintah Kerajaan Saudi selama ini sangat baik, sehingga perlahan mampu meminimalisir penyebaran covid-19. Selain itu, pihak Kerajaan Saudi juga mulai membuka kembali jam malam yang sebelumnya diberlakukan.

Dikatakan Amphuri selama wabah covid 19 tetap membantu melayani anggota yang terdampak,melakukan pembinaan kepada Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) serta menggelar program Manasik Haji secara online bagi para calon jemaah haji.( OL-2)

 

BERITA TERKAIT