30 April 2020, 14:50 WIB

Satgas Pangan Polri Berikan Bantuan Sembako Bagi Korban PHK


Kisar Rajaguguk | Megapolitan

Satuan Tugas (Satgas) Pangan Nusantara Polri bersama Polres Metropolitan Kota Depok membagikan paket sembako terhadap ribuan buruh pabrik yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat covid-19 di Kota Depok.

Sekretaris Satuan Tugas Pangan Nusantara Polri, Kombes Pol Rusdi Hartono mengharapkan bantuan paket sembako tersebut bisa meringankan beban para buruh.

Rusdi mengatakan saat ini seluruh dunia merasakan dampak yang luar biasa dari Covid-19. Bukan hanya di sektor kesehatan yang terdampak, tapi juga sektor ekonomi.

"Ini menjadi keprihatinan kita semua. Semoga wabah bisa kita lalui bersama. Melihat fenomena ini kami tidak berdiam sendiri. Seluruh SDM Polri dikerahkan bagaimana bisa menanggulangi ekonomi korban terdampak covid-19," papar Rusdi di Mapolres Kota Depok, Kamis (30/4).

Ada 1.500 paket yang diberikan pada korban PHK di seluruh Depok. Untuk distribusi, pihaknya melibatkan driver ojek online (ojol).

Baca juga: Pasar Murah Disetop, Bantuan Pangan Bakal Dikirim Via Ojol

"Kita melibatkan rekan-rekan ojek online untuk mengantar paket ini ke rumah yang sudah kita data. Imbas berganda, masyarakat menerima dan ojek online menerima imbalan dari pengantaran paket," paparnya.

Terpisah, Kapolres Metropolitan Kota Depok Kombes Pol Azis Andriansyah menambahkan bahwa Satgas Nusantara Polri ini adalah satgas yang dibentuk untuk turun ke masyarakat. Satgas Nusantara sudah membantu masyarakat termasuk buruh dan orang-orang di jalanan.

"Kami bertemu dengan perwakilan buruh seluruh serikat buruh di Kota Depok. Menurut perwakilan dari buruh ada sekitar 378 buruh yang di PHK, dan 1.200 yang di rumahkan," katanya.

Dalam situasi sulit ini, imbuh Azis, diharapkan kaum buruh dapat membantu menjaga kemitraan, sehingga tercipta stabilitas wilayah. (OL-14)

 

BERITA TERKAIT