30 April 2020, 14:40 WIB

Sudinsos Jakpus Tampung 9 Tunawisma Korban PHK Akibat Covid-19


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat hingga kini menampung sembilan orang tunawisma yang kehilangan mata pencarian akibat dampak wabah virus covid-19 .

Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat Ngapuli Parangin-angin menyebut mereka tidak bisa lagi membayar sewa rumah atau indekos, sehingga meminta untuk ditampung oleh Pemprov DKI.

"Mereka ini datang sendiri kepada kami, ke GOR. Ada yang malam dan ada yang pagi ini. Ya, kita dengan senang hati karena itulah memang GOR ini difungsikan," ungkap Ngapuli, Kamis (30/4).

Ngapuli menyebut para tunawisma korban PHK atau yang hilang mata pencariannya akibat pandemi covid-19 mengetahui info penampungan dari media.

Baca juga: Pasar Murah Disetop, Bantuan Pangan Bakal Dikirim Via Ojol

Mereka awalnya hendak pulang ke kampung halaman setelah kehilangan mata pencarian. Namun, niat itu harus dibatalkan karena pemerintah pusat membatasi warga yang ada di zona merah covid-19 untuk ke luar daerah.

"Ada 2 orang dari Pekanbaru, 2 orang dari Sulawesi, 1 orang dari Pati, dan 1 orang dari Sumatera. Saya belum tahu persis daerah-daerahnya dari mana, tapi mereka ini mau pulang sudah tidak bisa. Ya sudah," tukasnya.

Sementara itu, imbuh Ngapuli, tiga orang lainnya merupakan satu keluarga terdiri dari bapak, ibu, dan seorang anak yang masih balita. "Mereka semua ditampung di GOR Tanah Abang dan saat ini dalam kondisi sehat," paparnya.

Ngapuli menegaskan untuk kebutuhan makan seluruhnya dicukupi oleh Sudinsos Jakpus.

"Baik mereka yang mau berpuasa atau tidak berpuasa, kita tetap sediakan makanannya sesuai jamnya. Untuk sahur paling lambat disediakan pukul 4 pagi. Untuk berbuka paling lambat disediakan pukul 17.30," paparnya.

Sementara itu, hingga saat ini termasuk dengan sembilan orang tunawisma korban covid-19 tersebut terdapat 71 orang tunawisma ditampung di GOR Tanah Abang. (OL-14)

 

BERITA TERKAIT