30 April 2020, 14:27 WIB

Homecare24 Gelar Rapid Test Gratis di The Media Hotel Jakarta


mediaindonesia.com | Humaniora

Penyedia layanan kesehatan daring (online) Homecare24 menggelar Program Kemanusiaan 100 Ribu Rapid Test Gratis. Rapid test virus korona (covid-19) diselenggarakan pada Rabu dan Kamis, 29 dan 30 April 2020, di The Media Hotel, Jakarta Pusat.
 
Head of Strategic & Partnership Homecare24 Bagus Mulyo Anggoro mengatakan Homecare24 menjalin kerja sama rapid test gratis dengan Media Group sejak 22 April 2020. Penyelengaraan pertama berlangsung di kantor Media Group, Kedoya, Jakarta Barat.
 
"Rapid test kali ini kami adakan di The Media Hotel karena kerja sama khusus dengan Medcom.id dan Media Group sehingga mereka memfasilitasi tempat ini untuk mengadakan rapid test masyarakat, khususnya di wilayah Jakarta Pusat," kata Bagus, ditemui di The Media Hotel, Jakarta Pusat, Rabu, 29 April 2020.

Antusiasme masyarakat cukup tinggi untuk mendaftar rapid test. Namun, demi menghindari kerumunan massa, peserta dibatasi per harinya.
 
"Sebetulnya kami cukup surprise karena antusiasme masyarakat cukup tinggi dan lebih banyak. Sebelumnya kami sempat lakukan 450 hingga 500 per hari. Tapi karena PSBB (pembatasan sosial berskala besar) tidak diizinkan terlalu banyak peserta, jadi kuota kami 250 orang per hari," ujar Bagus.
 
Layanan rapid test dibuka untuk umum dan gratis. Rapid test dilakukan dengan dua sistem yaitu drive thru (mobil, motor) dan pejalan kaki. Peserta sebelumnya telah mendaftar melalui website Homecare24 atau aplikasi Homecare24 yang bisa diunduh di AppStore atau PlayStore.
 
Selanjutnya, peserta memeroleh QR Code yang ditunjukkan saat akan melakukan rapid test. Hasil rapid test langsung diterima pada hari yang sama dan dikirimkan melalui aplikasi Homecare24 atau ke nomor kontak setiap peserta.

Peserta rapid test dengan cara drive thru di The Media Hotel, Jakarta Pusat, Rabu, 30 April 2020. (Foto:Medcom.id)
 
Mekanisme pengambilan uji tes menggunakan sampel darah kapiler. Sampel diambil menggunakan jarum lancet atau jarum halus berujung tajam untuk mengambil darah dari ujung jari.
 
Rapid test yang diselenggarakan Homecare24 bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan. Peserta yang dinyatakan positif akan ditindaklanjuti oleh Kementerian Kesehatan.
 
Dalam kesempatan yang sama, Staf Khusus Menkes Bidang Peningkatan Sumber Daya Manusia Kesehatan Mariya Mubarika mengimbau masyarakat mematuhi aturan pemerintah untuk tetap berada di rumah. Hal itu demi memutus rantai penyebaran virus korona.
 
"Kita lihat sekarang arahnya baik, penyebaran mulai melambat. Untuk masyarakat yang memang tidak bisa stay at home, jangan lupa hati-hati, tetap pakai masker, rajin cuci tangan, dan sebisa mungkin meminimalkan kegiatan di luar rumah," kata Mariya.
 
Anda juga dapat mengikuti rapid test Covid-19 oleh Homecare24 secara gratis. Caranya, daftarkan diri terlebih dahulu melalui aplikasi Homecare24 yang bisa diunduh gratis melalui PlayStore (Android) atau AppStore (iOS). Kunjungi juga situs www.Homecare24.id untuk informasi selengkapnya. (Medcom/OL-10)

BERITA TERKAIT