30 April 2020, 13:30 WIB

Kebanyakan Minuman Manis Mengakibatkan Dehidrasi


Fetry Wuryasti | Weekend

KONSUMSI gula masyarakat mungkin lebih tinggi selama periode tinggal di rumah, apalagi saat bulan Ramadan seperti ini. Ketika buka, jajaran minuman manis tentu sunggug menggoda. Namun rupanya terlalu banyak menenggak minuman manis justru bisa membuat Anda dehidrasi dan menjadi sering haus.

Alasanya kadar gula darah Anda melonjak. Caroline Apovian, seorang profesor di departemen Endokrinologi, Diabetes, Nutrisi & Manajemen Berat, Fakultas Kedokteran Universitas Boston menjelaskan ketika gula atau glukosa membanjiri darah, tubuh Anda mencoba mengembalikan keseimbangan dengan menarik air dari sel-sel lain.

"Ketika sel-sel Anda kehilangan air, mereka memberi sinyal ke otak Anda bahwa mereka membutuhkan lebih banyak H2O, jadi dalam lima hingga 10 menit minum minuman manis itu, Anda akan merasa haus," jelasnya.

Ginjal pun harus bekerja keras untuk mengelola banjir glukosa yang dibutuhkan untuk energi, sambil menyerap kembali gula yang tersisa dan memasukkannya kembali ke darah untuk dijaga ketersediaannya.

Jennifer Shim, ahli diet dari Parkway East Hospital, mengatakan asupan gula yang berlebihan, membuat glukosa terbusng melalui urin.

"Tapu mengekspos ginjal kita pada kadar glukosa yang tinggi berulang kali dapat merusaknya," kata Shim.

Anda tidak boleh mengonsumsi lebih dari 40g hingga 55g - atau setars delapan hingga 11 sendok teh gula setiap hari. Batas ini mencakup semua gula yang Anda konsumsi, termasuk dalam masakan Anda, kopi, dan makanan ringan seperti kue, permen dan es krim.

Selain itu bila hanya berolahraga ringan di rumah yang sejuk selama satu jam, Anda mungkin tidak memerlukan minuman olah raga dan air kelapa kemasan yang biasanya mengandung karbohidrat untuk bahan bakar energi, dan sejumlah kecil natrium untuk meningkatkan penyerapan dan retensi air. Namun mayoritas kandungannya adalah gula.

"Air putih  akan bekerja dengan baik untuk Anda. Kalau pada atlet, air kelapa alami? memiliki lebih sedikit karbohidrat dan natrium, yang merupakan nutrisi utama yang diperlukan untuk latihan panjang," kata Shim. (M-1)

BERITA TERKAIT