30 April 2020, 11:41 WIB

PT KAI Daop 6 Intensif Perbaiki Sarana dan Prasarana


Ardi Teristi Hardi | Nusantara

HINGGA saat ini masih ada delapan perjalanan kereta api yang beroperasi di Daop 6 Yogyakarta. Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto menjelaskan, saat ini kereta api yang beroperasi di Daop 6 Yogyakarta adalah KA Prameks dan KA angkutan barang seperti Pertamina, semen dan paket. Sepinya perjalanan kereta api dimanfaatkan PT KAI Daop 6 untuk intensif melakukan perbaikan sarana dan prasarana.

"Mumpung lokomotif dan kereta serta kondisi lintas sepi perjalan kereta, kita perbaiki sarana-prasarana kereta api secara menyeluruh," jelas dia, Kamis (30/4).

Lokomotif dan kereta yang tidak dijalankan pun terus dirawat dan diperbaiki apabila ada yang rusak.Kepala Depo Lokomotif Depo Yogyakarta, Teguh Widodo menjelaskan, pihaknya melakukan perawatan rutin terhadap semua lokomotif. Total ada 31 lokomotif yang menjadi tanggung jawab Depo Yogyakarta.

"Yang sekarang diparkir di sini ada 14 lokomotif," kata dia. 

baca juga: Pengembalian Uang Pembatalan Tiket KA Dipercepat

Walau tidak dioperasikan, lokomotif tersebut rutin dihidupkan setiap hari sekitar satu jam. Dengan rutin dihidupkan, pihaknya bisa mengetahui dan mengecek kondisi  lokomotif. Jika ada bagian yang kurang optimal, pihaknya akan langsung memperbaikinya.

"Dengan maintenance rutin yang dilakukan, semua lokomotif siap dioperasikan kapan saja," pungkas dia. (OL-3)

BERITA TERKAIT