30 April 2020, 11:22 WIB

Dampak Covid-19, Operasional MRT Fase 2 Mundur ke 2026


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

WABAH covid-19 membuat seluruh pekerjaan MRT fase 2 Bundaran HI-Kota tertunda. Semula pengerjaan konstruksi MRT Fase 2A akan dimulai pada awal Maret. Untuk Fase 2A dari Bundaran HI-Harmoni ditargetkan selesai pada pertengahan 2024.

Sementara Fase 2B untuk rute Harmoni-Kota ditargetkan dimulai pada September 2020 dan selesai para akhir 2025.

Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar mengatakan masing-masing titik mulai konstruksi 2A dan 2B mundur tiga bulan karena wabah.

"Pembangunan Fase 2A akan dimulai Juni dan selesai di akhir 2025. Sementara Fase 2B dimulai November dan selesai di Maret 2026," ungkap William di Jakarta, Rabu (29/4).

Meski konstruksi merupakan salah satu sektor yang masih bisa beroperasi selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), konstruksi MRT tetap tidak memungkinkan untuk dilanjutkan.

"Sebab, sebagian expert kita berasal dari Jepang yang mana mereka juga sedang mengalami hal yang sama, sehingga kita bersepakat dengan kontraktor untuk menunda ini bersama-sama," tegasnya.

Baca juga: MRT Gratiskan Sewa Gerai UKM Hingga Juni

Penundaan juga dilakukan karena William khawatir adanya pembengkakkan pada biaya konstruksi yang harus ditanggung. Terlebih saat ini nilai mata uang rupiah tengah mengalami depresiasi.

"Material kita dan pembiayaan lainnya menggunakan Yen. Saat ini nilainya sedang jatuh untuk rupiah. Ini salah satu strategi kita juga agar biaya yang dikeluarkan tetap sesuai dengan kerangka proposal kita," terangnya. (A-2)

 

 

BERITA TERKAIT