30 April 2020, 08:50 WIB

Viral, Masjid Berbentuk Kabah di Palu


(Mitha Meinansi/H-2) | Ramadan

BANGUNAN berbentuk kotak hitam tanpa kubah itu persis menyerupai Kabah di Mekah, Arab Saudi. Di luarnya ada tulisan kaligrafi dengan tinta emas yang memanjang ke samping. Bedanya, di kanan-kiri miniatur Kabah itu ada pohon dan sejumlah tanaman hijau yang membuat segar pandangan mata.  Itulah Masjid Baiturrahim yang berlokasi di Jalan Srikaya lorong Makassar, Kelurahan Kamonji, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu, yang kini menjadi magnet baru wisata religi di Sulawesi Tengah. Salah satu pengurus Masjid Baiturrahim Palu, Moh Jasmin, menuturkan masjid miniatur Kabah itu dibangun sejak 2017 dari hasil pengumpulan dana swadaya masyarakat yang tinggal di sekitar kompleks masjid.

"Warga bergotong royong mendirikan masjid dan hingga saat ini sudah dapat digunakan," ujar Moh Jasmin, kemarin. Menurutnya, kehadiran masjid unik seperti miniatur Kabah itu seolah-olah mengobati kerinduan warga muslim di Palu kepada Kota Mekah, tempat Kabah asli berada. Bagi umat Islam dunia, Kabah merupakan tempat yang paling disucikan dan menjadi patokan arah salat.

"Dengan tampilan ini, warga merasa seperti sedang beribadah di dalam Kabah," kata Moh Jasmin. Sebelum datang bulan Ramadan, masjid itu sudah terlebih dulu didatangi warga dan menjadi salah satu destinasi baru wisata religi di Kota Palu. Namun, karena pandemi virus korona baru (covid-19), bangunan masjid berukuran 9 meter x 9 meter persegi dengan tinggi 9 meter itu tidak menyelenggarakan ibadah pada Ramadan.

Hal itu sesuai dengan imbauan pemerintah untuk mencegah penularan covid-19 yang mewabah di Indonesia. Meski begitu, masjid berbentuk miniatur Kabah itu tetap saja banyak didatangi warga yang ingin berswafoto saat menghabiskan waktu ngabuburit menjelang berbuka puasa. Tidak sedikit juga yang datang hanya untuk memandangi bangunan masjid serupa Kabah itu. Selain di Kota Palu, masjid serupa dengan bentuk bangunan Kabah juga terdapat di dua daerah lainnya, yakni di Makassar, Sulawesi Selatan, dan Subang, Jawa Barat. (Mitha Meinansi/H-2)

BERITA TERKAIT