30 April 2020, 10:30 WIB

Jorginho Mengaku Nyaris Tinggalkan Chelsea


Patrick Pinaria | Sepak Bola

JORGINHO menjalani periode sulit saat menjalani musim perdana bersama Chelsea, yakni pada musim 2018--2019. Gelandang asal Italia tersebut banyak menjadi sasaran kritik.

Jorginho sebetulnya menjadi andalan Chelsea pada periode tersebut. Buktinya, ia membuat 54 penampilan di seluruh kompetisi.

Ironinya, Jorginho malah banyak mendapat kritik. Sebab, ia dianggap menjadi anak emas pelatih The Blues Maurizio Sarri saat itu. Maklum, keduanya memang memiliki hubungan dekat lantaran pernah bermitra di Napoli sebelumnya.

Baca juga: Ketimbang Rugi, Arsenal Banderol Aubameyang dengan Harga Miring

Perlakuan anak emas terhadap Jorginho semakin terlihat ketika Sarri mengorbankan posisi N'Golo Kante sebagai gelandang bertahan. Sarri lebih mempercayakan posisi itu kepada Jorginho. Sedangkan Kante dipindah menjadi gelandang serang.

Alhasil, Sarri dan Jorginho pun menuai banyak kritik dari fan Chelsea. Keduanya juga makin dikritik setelah gagal memberikan prestasi memuaskan untuk The Blues. Terutama di Liga Primer Inggris. Chelsea hanya mampu finis di peringkat ketiga saat itu.

Jorginho mengaku sempat kecewa dengan kritikan itu. Bahkan, ia sempat mempertimbangkan untuk hengkang meskipun akhirnya bertahan di Chelsea.

"Musim lalu, fan banyak menyalahkan saya karena saya tiba bersama dengan manajer. Saya merasa mendapat banyak penilaian yang tidak adil," ujar Jorginho.

"Tetapi, saya tidak pernah menentang pandangan para fan dan orang lain yang mengkritik saya. Justru sebaliknya, sebenarnya itu menambah motivasi karena saya merasa mereka itu salah," lanjutnya.

"Saya sudah merasakan momen-momen seperti ini di setiap klub saya bermain. Pada titik terendah ketika keraguan datang dan membuat saya bertanya-tanya, 'Haruskah saya meninggalkan tempat ini? Mungkin tidak ada ruang untuk saya di sini," kata Jorginho.

"Tetapi, saya menerima tantangan semacam ini. Saya tidak pernah mundur. Ini memberi saya lebih banyak kekuatan untuk bekerja lebih keras untuk membuktikan kepada semua orang bahwa saya bisa berhasil," tuturnya.

Jorginho sudah memperkuat Chelsea selama dua musim. Sejauh ini, ia sudah membuat 91 penampilan dan menyumbang sembilan gol di seluruh kompetisi. (Goal/OL-1)

BERITA TERKAIT