30 April 2020, 04:00 WIB

Impian Cannavaro Kembali ke Santiago Bernabeu


Widhoroso | Sepak Bola

MANTAN kapten dan pemain belakang timnas Italia, Fabio Cannavaro pernah menjadi bintang di Real Madrid. Selama tiga musim memperkuat Los Blancos, Cannavaro menjadi salah satu Los Galacticos yang pernah dimiliki klub ibukota Spanyol tersebut.

Selama tiga musim membela Real Madrid mulai 2006-2009, Cannavaro tampil dalam 94 laga. Gelar La Liga musim 2006–2007, 2007–2008 dipersembahkan Cannavaro untuk Real Madrid.

Setelah pensiun pada 2011, Cannavaro menjalani karier baru sebagai pelatih. Hingga kini, pria berusia 46 tahun tersebut telah menangani beberapa klub seperti Al Ahli Uni Emirat Arab, Guangzhou Evergrande Tiongkok, serta Al Nassr Arab Saudi.

Namun, satu keinginan yang ingin diwujudkan Cannavaro adalah melatih Real Madrid, klub yang pernah dibela saat masih menjadi pemain. Cannavaro mengungkapkan ingin kembali ke Santiago Bernabeu, kandang Real Madrid, dengan peran yang berbeda.  

"Jika ingin menjadi pelatih, Anda harus memikirkan klub-klub papan atas. Dan itu adalah Real Madrid, timnas Italia, atau klub-klub besar Eropa lainnya. Saya bekerja keras untuk suatu saat nanti bisa menjadi pelatih klub seperti Real Madrid," katanya.

Dalam hal filosofi sepakbola, Cannavaro memberikan wawasan tentang apa yang dia harapkan dari para pemain. Mantan bek tangguh ini mengatakan kepada para pemainnya untuk terus memberi tekanan kepada lawan sepanjang pertandingan.
 
"Saya seorang pelatih yang meminta kepada pemain untuk bermain, terus memberi tekanan kapada lawan baik saat menguasai bola atau tidak. Sepak bola adalah tentang waktu dan para pemain harus memahami itu," katanya. (Marca/R-1)

 

BERITA TERKAIT