30 April 2020, 03:15 WIB

Jika Sudah Pensiun, Yanto Basna ingin Menulis Buku


Widhoroso | Sepak Bola

USAI gantung sepatui alias pensiun, banyak pesepakbola dunia menulis buku tentang perjalan karier mereka di lapangan hijau. Hal itu pula yang ingin dilakukan Rudolof Tanto Basna.

Pemain yang berposisi sebagai bek tersebut mengatakan memiliki cita-cita untuk menulis buku yang berceritakan tentang perjalanan kariernya di dunia sepak bola. Perjalanannya bersama Persib Bandung menginspirasi keinginan menuangkan pengalaman sebagai pesepakbola itu dalam abentuik tulisan.

"Saya sudah punya mimpi lain jika sudah pensiun dari timnas Indonesia atau dari dunia sepakbola. Rencananya mau bikin buku tentang perjalanan saya," kata Yanto, Rabu (29/4).

"Ide ini muncul waktu di Persib. Saya termotivasi karena Vlado (Vladimir Vujovic-pelatih Persib) bikin buku 'Hati Biru'. Nah, saya mau buat tentang perjalanan saya di sepakbola," urainya.

"Untuk sekarang bisa saja saya buat, tapi kisahnya bakal sedikit karena perjalanan saya masih panjang," ucap pemain yang kini membela klub Thailand, Prachuap tersebut.

Pemain asal Papua itu mengisyaratkan bahwa menulis bukan hal yang jauh dari dirinya sekarang. Yanto juga punya niat mulia jika memang buku tersebut benar-benar bisa ia realisasikan.

"Keuntungan penjualan bukan itu nantinya bukan buat saya. Saya mau coba untuk bangun sepakbola di Papua. Misalnya saya buat program sejuta bola untuk Papua," tambahnya. (Goal/R-1)

BERITA TERKAIT