30 April 2020, 02:10 WIB

'Bolos' Belajar Online, Siswa Didatangi Guru


Tosiani | Nusantara

UPAYA pembelajaran jarak jauh secara online bagi Siswa SMP 1 Tlogomulyo, Temanggung, Jawa Tengah menemui banyak kendala. Diantaranya keterbatasan sinyal jaringan internet, tak ada biaya untuk membeli paket data, dan ada pula siswa yang tidak memiliki telepon.

Kepala SMP Negeri 1 Tlogomulyo, Yuliana Dewi Marithawati, mengatakan, dari 500 siswa sekolah itu baru sekitar 80 persen yang sudah bisa melakukan pembelajaran secara online. Karena berbagai kendala itulah, Yuliana mengatakan pihaknya terpaksa melakukan jemput bola dengan mendatangi siswa yang terlihat tidak muncul untuk melakukan pembelajaran online.

"Jika ada masalah kuota, atau sinyal internet, guru BP atau wali kelas akan datang untuk mengantarkan fotokopi materi dan tugas untuk dikerjakan siswa selama satu minggu," kata, Rabu (29/4).

Selain itu, 23 guru di sekolah itu juga harus lebih banyak memaklumi berbagai kendala yang muncul dalam proses pembelajaran. Misalnya ketika siswa baru bisa merespon saat orangtuanya pulang ke rumah dan tidak sedang menggunakan telepon selular karena satu rumah hanya ada satu ponsel yang digunakan sekeluarga. (R-1)

BERITA TERKAIT