30 April 2020, 01:20 WIB

RS Siloam Paal Dua Jadi Rumah Sakit Rujukan Covid-19


Widhoroso | Nusantara

PEMERINTAH Provinsi Sulawesi Utara menunjuk RS Siloam Paal Dua, Kota Manado sebagai rumah sakit rujukan penanganan kasus virus korona (Covid-19). Tambahan rumah sakit rujukan Covid-19 merupakan antisipasi meningkatkan jumlah kasus Covid-19 di Sulawesi Utara, khususnya Kota Manado.

“Kita mengantisipasi kemungkinan lonjakan kasus Covid-19. Kepada beberapa rumah sakit kita beri tugas khusus sebagai rumah sakit rujukan Covid-19 termasuk RS Siloam Paal Dua," kata Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, Rabu (29/4),

RS Siloam Paal Dua saat ini memiliki kapasitas 145 tempat tidur, termasuk perlengkapan ICU Covid-19. Rumah sakit ini juga dilengkapi dengan ventilator dan dukungan tim medis mencukupi.
 
Olly menambahkan pemerintah daerah terus berupaya keras memastikan Sulut siap dengan jumlah tempat tidur, ICU, obat obatan, dan tenaga medis untuk menangani pasien Covid-19. "Semua pihak kami harapkan serius. Para dokter, perawat dan pekerja medis di Sulut juga diberi kesempatan bangkit, berani meresponi panggilan untuk melayani dengan baik dan setia," katanya.

Direktur RS Siloam Paal Dua, dr. Paulina Kadih mengaku siap menjalankan amanah yang diberikan Pemprov Sulut. “Kami jajaran pekerja medis di RS Siloam Paal Dua siap menjalankan tugas. Mohon doa dan dukungan semua pihak. Kami akan melayani dengan baik," katanya

Penunjukkan RS Siloam Paal Dua sebagai rumah sakit rujukan Covid-19, membuat Sulut kini memiliki bebarapa rumah sakit yang siap menangani penyakit yang berawal dari Tiongkok tersebut. Bertambahnya rumah sakit rujukan Covid-19 di Sulut disambut gembira Ketua DPRD Sulut, Andrei Angow.

“Syukur ada tambahan kapasitas untuk khusus melayani pasien Covid-19. Siloam sudah kita kenal melayani masyarakat Manado dan Sulut selama sepuluh tahun dengan baik," katanya. (RO/R-1)

BERITA TERKAIT