29 April 2020, 22:03 WIB

Aparat Polair Bangka Barat Tangkap Speed Boat Angkut Pemudik


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

DUA warga Sungsang Banyuasin Provinsi Sumatra Selatan ditangkap Satuan Polisi Perairan Polres Bangka Barat (Babar) lantaran kedapatan mengangkut penumpang secara ilegal melalui pelabuhan tikus.

Kapolres Bangka Barat AKB Muhammad Adenan mengatakan kedua pelaku adalah Darmawan, 57, dan Jon Jeni, 46, warga Sungsang, Banyuasin, Provinsi Sumatra Selatan.

Baca juga: Gubernur Babel Optimistis Pasien Korona Sembuh bakal Bertambah

Dikatakan lanjut Adnan, mereka ditangkap oleh Sat Polair saat patroli di wilayah perairan Karang Aji yang saat itu hendak berlabuh di Pelabuhan Nelayan Muntok, Kabupaten Bangka Barat.

"Sat Polair kita yang patroli bersama dengan TNI AL ini sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo bahwa pelarangan mudik terkait dengan situasi virus korona atau covid-19 sehingga tidak ada arus mudik," kata Adnan. Rabu (29/4).

Baca juga: Bali Bersikukuh Tolak Ajukan PSBB

Adenan menjelaskan dua speed boat itu membawa penumpang dari daerah Sungsang Banyuasin, Provinsi Sumatra Selatan untuk diseberangkan ke Bangka Barat.

"Yang satu kapal membawa enam penumpang, yang satunya lagi empat penumpang. Di sini ada transaksi pembayaran sewanya Rp1,5 juta per kapal," ungkap Adenan.

Ia menegaskan tidak segan-segan menindak semua pengangkut jasa speed yang membawa penumpang ke Bangka Barat melalui jalur tikus. "Dua kapal ini bawa penumpang. Tentunya harus ada izin usahanya. Ada pidana  tapi ringan, intinya supaya ini jangan terulang lagi," ungkap dia. (X-15)

BERITA TERKAIT