29 April 2020, 21:55 WIB

4 Kasus Pertama Positif Covid-19 di Raja Ampat


Martinus Solo | Nusantara

Jumlah pasien confirm covid-19 di Kabupaten Raja Ampat sebanyak 4 orang. Selain itu, ada 3 orang berstatus PDP (pasien dalam pengawasan) dan 43 ODP (orang dalam pemantauan). Lalu, ODP yang selesai pemantauan berjumlah 24 orang.

Hingga kini sudah 17 sampel yang dikirim ke laboratorium. Hasilnya ada 4 yang positif  dan 13 negatif.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan PCR Makasar terdapat 4 orang pasien confirm covid-19 di Kabupaten Raja Ampat. Saat ini mereka mendapatkan perawatan di RSUD Raja Ampat," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Raja Ampat Rosenda, Rabu (29/4).

Empat pasien tersebut adalah Pasien 01: laki-laki (41 tahun), Pasien 02: wanita (36), Pasien 03: laki-laki (64), dan Pasien 04: laki-laki (41)

Empat kasus positif ini merupakan OTG (orang tanpa gejala) dan ODP yang selama ini dipantau Tim Satgas. "Jadi, empat orang yang positif berawal dari ada 1 ODP dan 3 OTG," lanjutnya.

Menurut Rosenda, orang-orang yang pernah kontak langsung dengan pasien positif covid-19 sudah diperiksa sesuai protokol.

Sekda Raja Ampat, Dr. Yusuf Salim, M.Si mengimbau masyarakat untuk tidak panik dan dapat bekerja sama melawan covid-19.

"Tetap tenang. Tidak perlu panik karena 4 yang positif ini adalah mereka yang selama ini dalam pemantauan. Tim sudah melakukan berbagai upaya untuk mengetahui siapa-siapa saja yang berkontak dengan pasien. Kita berharap semoga yang positif covid-19 ini segera sembuh, dan tidak ada tambahan," jelas Salim.

Menurutnya, ini adalah wabah, ini adalah musibah. "Mari bersama-sama bantu pemerintah dan bantu tim covid berikan sosialisasi. Saat ini kita butuh kerja sama dan kekompakan. Kita harus bersatu melawan covid-19 di Raja Ampat," tandasnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT