29 April 2020, 21:07 WIB

Gaji Pegawai PD Pembangunan Medan Dipotong 80%


Yoseph Pencawan | Nusantara

SUDAH dua bulan ini para pegawai Perusahaan Daerah (PD) Pembangunan Kota Medan, Sumatra Utara, hanya menerima 20% dari gaji normal menyusul lumpuhnya unit-unit usaha mereka akibat pandemi virus korona atau covid-19.

Direktur Utama PD Pembangunan Kota Medan Putrama Alkhairi mengungkapkan, selain merumahkan para pegawai, manajemen juga terpaksa memotong gaji hingga 80% dari biasanya.

"Dampak covid-19 menyebabkan 171 orang pegawai PD Pembangunan harus dirumahkan. Sudah dua bulan ini juga mereka menerima gaji dengan tidak layak," ujarnya, Rabu (29/4).

Baca juga: Enam Warga Pekalongan Klaster Gowa Dijemput Petugas Ber-APD

Manajemen, kata dia, hanya mampu memberikan 20% dari jumlah total yang biasanya diterima pegawai setiap bulan. "Malah untuk gaji April belum tahu lagi," imbuhnya.

Kondisi ini terjadi akibat sejumlah unit usaha yang dimiliki PD Pembangunan, seperti Medan Zoo dan Kolam Renang Deli, tidak ada pemasukan karena warga enggan datang akibat pandemi covid-19.

Baca juga: Klaster Gowa Dominasi Kasus Positif Covid-19 di Banyumas

Karena itu ia sangat berterima kasih kepada para pejabat dan pegawai Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang  (DPKPPR) Kota Medan yang telah memberikan bantuan 110 paket bahan pokok.

Dia yakin paket bantuan yang masing-masing berisi 5 kg beras, gula pasir, telur dan mi instan, dapat membantu meringankan beban para pegawai PD Pembangunan yang terdampak langsung pandemi covid-19.

Baca juga: Positif Narkoba, Wakapolsek Pancur Batu Dimutasi ke Polrestabes

Selain 110 paket bahan kebutuhan pokok, pihaknya juga menerima bantuan uang tunai sebesar Rp1,5 juta dari Dinas PKPPR untuk biaya makan hewan-hewan menghuni Medan Zoo.

Dengan ketiadaan pengunjung, PD Pembangunan sangat kesulitan memberi makan hewan-hewan di Medan Zoo. Sebelum ini, Dinas PKPPR juga sudah membantu biaya makan hewan di Medan Zoo senilai Rp3,5 juta.(X-15)

 

BERITA TERKAIT