29 April 2020, 19:03 WIB

Kemenlu : 597 WNI di Luar Negeri Terpapar Covid-19


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

KEMENTERIAN Luar Negeri mencatat sebanyak 597 warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri terinfeksi virus korona tipe baru penyebab covid-19 hingga Rabu, 29 April 2020.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, sebanyak 182 WNI diantaranya telah dnyatakan sembuh, dan 32 WNI lainnya meninggal dunia. Sedangkan 383 WNI masih dalam perawatan.

Retno menambahkan, pihaknya telah menyalurkan bantuan berupa bahan pokok dan alat kesehatan, seperti masker, hand sanitizer, dan disinfektan, bagi WNI yang terdampak kebijakan karantina wilayah atau lockdown di negara lain.

"Kita akan terus berusaha semaksimal mungkin untuk membantu WNI yang paling memerlukan. Pemberian sembako ini sangat tergantung dari situasi masing-masing daerah,” ujar Retno dalam konferensi pers virtual, Rabu (29/4) sore.

Khusus untuk WNI jemaah keagamaan bernama Jamaah tabligh (JT), Retno menambahkan, Kementeriannya mencatat ada 1,148 orang yang tersebar di 12 negara.

Baca juga : Kandidat Vaksin Covid-19 dari Oxford Tunjukkan Kemajuan

Pemerintah setidaknya telah memberikan sekitar 1.196 paket sembako untuk WNI anggota jemaah keagamaan di tiga negara yaitu India, Pakistan, dan Bangladesh.

Catatan Kemenlu menyebutkan, terdapat sejumlah WNI JT yang telah kembali ke Indonesia yakni delapan orang dari Maroko, Thailand (6), dan Yordania (5). Saat ini jumlah WNI JT yang masih di luar negeri yaitu 1.129 orang.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 105 WNI JT positif mengidap covid-19 dengan perincian 30 orang di Pakistan (18 telah sembuh), dan 75 orang di India (44 sembuh). Sementara 1.047 WNI JT lainnya dinyatakan sehat atau belum ada informasi yang menyatakan mereka terpapar.

Terkait WNI anggota JT di India, Presiden Joko Widodo, Selasa (28/4), telah melakukan komunikasi dengan PM Narendra Modi untuk mengangkat isu tersebut. Kedua pemimpin sepakat untuk menugaskan Menlu masing-masing untuk menindaklanjuti pembicaraan mereka. (OL-7)

BERITA TERKAIT