29 April 2020, 16:43 WIB

643 Kekerasan ke Perempuan dan Anak Selama Pandemi Covid-19


Theofilus Ifan Sucipto | Humaniora

RATUSAN kasus kekerasan terjadi selama pandemi covid-19 sejak Senin (2/3) hingga Sabtu (25/4), terutama dialami  perempuan dan anak-anak.

‘’Tercatat ada 643 total kasus kekerasan yang menimpa perempuan dan anak-anak,’’ kata Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang dalam teleconference di Jakarta, Rabu (29/4).

Baca juga: KPK : Wewenang Penahanan Romahurmuziy Beralih ke MA

I Gusti Ayu Bintang memerinci jumlah itu terdiri 275 kasus kekerasan pada perempuan dewasa dan 368 kasus kekerasan pada anak-anak. Sebanyak 277 perempuan dewasa dan 407 anak menjadi korban atas kasus tersebut.

‘’Dari 277 korban perempuan, 184 di antaranya mengalami KDRT (kekerasan dalam rumah tangga),’’ ujarnya.

I Gusti Ayu Bintang mengklaim pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi hal itu. Mulai dari langkah pencegahan hingga penanganan. Politikus PDI Perjuangan itu menyebut Kementerian PPA membuka pelayanan laporan dan pengaduan kekerasan dari masyarakat. Pelayanan itu tersebar di tiap provinsi dan kabupaten/kota.

Bahkan, lanjut I Gusti Ayu Bintang , Kementerian PPA bakal memberi rujukan rumah aman yang dikoordinasikan dengan Kementerian Sosial.

‘’Kami juga memastikan kasus selesai dan tereliminasi,’’ imbuhnya. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT