29 April 2020, 16:40 WIB

Laboratorium DKI Bisa Periksa 450 Orang Per Hari


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

Pemprov DKI Jakarta telah menyiapkan dua unit laboratorium untuk melayani pemeriksaan covid-19. Dengan adanya dua laboratorium, maka 450 orang per hari bisa diperiksa terkait covid-19.

Dua unit laboratorium itu adalah Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) yang bisa melayani 250 orang per hari. Labkesda lainnya ialah Labkesda Pasar Minggu yang bisa melayani 200 orang per hari.

"Dua unit laboratorium ini memiliki kapasitas pemeriksaan 450 orang per hari," ungkap Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Ani Ruspitawati dalam keterangan resminya, Rabu (29/4).

Selain dua unit laboratorium itu, masih ada sejumlah laboratorium lainnya di Jakarta yang bisa digunakan untuk memeriksa kasus covid-19, yakni Laboratorium Mikrobiologi Klinik (LMK) FKUI. LMK FKUI bisa melayani 150 orang per hari.

Baca juga: Ibu Positif Covid-19 Lahirkan Bayi Sehat di RS Siloam Kelapa Dua

Lalu ada Lembaga Biologi Molekuler Eijkman yang mampu melayani 150 orang per hari. Ini masih ditambah dengan Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) yang bisa melayani 100 orang per hari.

Tentang rumah sakit (RS) yang melayani pasien covid-19, kini ada delapan RS Rujukan Penunjukan Kementerian Kesehatan. RS tersebut ialah RSPI Sulianti Saroso, RSUP Persahabatan, RSUP Fatmawati, RSAL Mintoharjo, RSUD Pasar Minggu, RSUD Cengkareng, RSPAD Gatot Subroto, dan RS Polri.

Selain itu, ada lima unit RS lainnya yang merupakan rujukan dari penunjukan gubernur, yaitu RS Tarakan, RSKD Duren Sawit, RS Pelni, RS Pertamina Jaya, dan RS Koja serta ada 50 RS jejaring pelayanan covid-19. (OL-14)

BERITA TERKAIT