29 April 2020, 16:31 WIB

Baznas Ajak Masyarakat Donasi Lewat Aplikasi


Syarief Oebaidillah | Humaniora

BADAN Amil Zakat Nasional (Baznas) bekerja sama dengan GetPlus meluncurkan kerjasama donasi via aplikasi yakni dengan sistem tukar poin. Sistem tukar poin ini memungkinkan masyarakat atau pengguna memanfaatkan poin belanja mereka di aplikasi online, untuk diakumulasi di GetPlus dan ditukarkan dalam bentuk donasi.

Poin dapat ditukarkan dengan donasi senilai Rp10 ribu, Rp 50 ribu, atau Rp500 ribu. Program donasi ini akan digunakan untuk membantu masyarakat yang terdampak krisis covid-19 di Indonesia, dalam bentuk bantuan paket logistik keluarga dan masker.

Baca juga:Hari Ini, Pasien Covid-19 di Indonesia jadi 9.771, Sembuh 1.391

Direktur Utama Baznas M Arifin Purwakananta mengapresiasi GetPlus atas kerja sama positif yang terjalin. Menurutnya program Donasi Poin Rewards merupakan sebuah bentuk alternatif baru mengajak masyarakat membantu masyarakat lain yang membutuhkan dalam kondisi pandemi covid-19.

“Ini kolaborasi positif antara Baznas dan aplikasi GetPlus guna membantu saudara kita yang terdampak ekonomi dari pandemi covid-19 di Indonesia. Semoga semakin banyak lagi masyarakat terdampak covid-19 dapat terbantu melalui Baznas ," kata Arifin melalui keterangan resmi yang diterima, Rabu (29/4).

Dia berharap program donasi serupa mampu menjadi role model berdonasi mudah yang dikemas dalam sebuah platform digital yang kreatif dan inovatif. Sebelumnya Baznas telah menerapkan platform media digital sebagai sarana yang memudahkan masyarakat untuk berzakat dan berdonasi sejak 2016 silam.

“Karena kepedulian kami kepada para keluarga yang terkena dampak covid-19, di bulan Ramadhan ini kami mengajak para member kami untuk ikut membantu keluarga yang membutuhkan, khususnya di wilayah Jakarta. Ini adalah bagian dari tanggung jawab kami untuk membantu dan berbagi dengan sesama, " kata Adrian Hoon, COO GetPlus Indonesia.

Dia mengapresiasi Baznas yang telah membantu dalam mendistribusikan donasi yang dikumpulkan.

Seluruh hasil donasi yang terkumpul dari program ini akan dilipatgandakan dan ditransfer ke Baznas di akhir program untuk dialokasikan pada keluarga yang membutuhkan berupa paket sembako dan masker.

Baca juga:Pemerintah Hadirkan Tausiah Ramadan Lewat Siaran LPP RRI dan TVRI

Adapun cara untuk berdonasi dengan membuka aplikasi GetPlus, lalu pilih menu "Rewards", kemudian pilih voucher donasi poin yang diinginkan. Untuk mendapatkan poin, bisa didapat dari berbelanja dengan mitra GetPlus yang diakumulasikan di aplikasi GetPlus, lalu ditukar dengan berbagai rewards.

Untuk 10.000 poin sama dengan donasi senilai Rp10 ribu. Di aplikasi GetPlus juga bisa membeli poin yang nantinya bisa ditukar jadi bentuk donasi. Program ini berlangsung dari tanggal 17 April hingga 17 Mei 2020. (RO/A-3)

BERITA TERKAIT