29 April 2020, 16:31 WIB

Ibu Positif Covid-19 Lahirkan Bayi Sehat di RS Siloam Kelapa Dua


Mediaindonesia.com | Megapolitan

SEORANG ibu hamil positif covid-19 melahirkan bayi laki-laki sehat di RS Siloam Kelapa Dua melalui proses sectio caesarea (SC). Bayi lahir pukul Selasa (28/4/2020) pada pukul 14.28 WIB dan kini dalam kondisi stabil begitupula dengan ibu.

Dokter spesialis kebidanan dan kandungan RS Siloam Kelapa Dua dr. Jacobus Jeno Wibisono, Sp.OG memimpin proses operasi SC bersama dokter spesialis anak dr. Angelina, Sp.A dan dokter spesialis anestesi dr. Ronald Christian Agustinus Aritonang, Sp.An.

Baca juga:412 Pasien Covid-19 di Jakarta Sembuh

“Kami menerapkan protokol yang ketat untuk operasi sectio caesarea (SC) pasien terkonfirmasi covid-19," kata Jacobus Jeno Wibisono dalam keterangan pers yang diterima Media Indonesia di Jakarta, Rabu (29/4/2020).

Tindakan dilakukan di kamar operasi dengan tekanan negatif dengan jumlah petugas di kamar operasi seminimal mungkin yang seluruhnya menggunakan alat pelindung diri (APD) level 3 sesuai prosedur yang berlaku. Selain itu, pasca-operasi ruangan juga dibersihkan secara menyeluruh sesuai standard.

Angelina menambahkan, ibu dan bayi dirawat di ruangan yang terpisah sehingga bayi tidak disusui langsung oleh ibunya, namun dengan ASI perah.

"Kami akan terus memantau perkembangan kondisi bayi dan memperhatikan dengan seksama apabila ada gejala yang muncul. Proses swab-PCR test untuk bayi sedang segera dipersiapkan untuk mengetahui secara pasti kondisi kesehatannya,” tambah Angelina.

Baca juga:Kasus Covid-19 di Jakarta Menurun, PKS: Tetap Waspada

Direktur RS Siloam Kelapa Dua mengatakan, semua perawat, dokter dan staf medis senang karena bisa membantu ibu beserta bayi yang baru lahir tersebut.

Sang ibu berinsial E mengucapkan rasa bersyukur dan bahagia atas lancarnya tindakan kelahiran sang putra. "Terima kasih kami ucapkan, kepada dokter, perawat, dan tim medis yang setia menemani kami pada masa sulit dan berat seperti ini. Semua hal tersebut sangatlah berarti." (RO/A-3)

BERITA TERKAIT