29 April 2020, 13:48 WIB

GOR Tanjung Priok Jadi Tempat Penampungan Tunawisma di Jakut


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

WALI Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko mengungkapkan tempat penampungan sementara yang ditunjuk sebagai tempat tunawisma yang berada diwilayahnya ialah Gelangang Olahraga Remaja (GOR) Tanjung Priok.

"Saat ini kami gunakan GOR Tanjung Priok dengan kapasitas 100 tempat tidur," ungkap Sigit kepada Media Indonesia, Jakarta, Rabu (29/4).

Baca juga: Anggota DPRD Resah, Kawasannya Jadi Zona Merah Covid-19

Penampungan tersebut bakal diberlakukan selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sampai 22 Mei mendatang. Sigit mengatakan, saat ini belum banyak tunawisma yang dibawa ke GOR Tanjung Priok.

"Baru ada 1 orang sejak kemarin," kata Sigit.

Tunaswisma itu sudah menjalani rapid test oleh petugas medis yang berada di GOR tersebut. Dengan ditampungnya para Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) itu bisa menekan penularan Covid-19.

Pemprov DKI sudah melarang ada kerumunan selama PSBB ini. Bagi tunawisma yang masih tidur atau berkumpul di pinggir jalan, bakal ditertibkan oleh Satpol PP.

"Kebanyakan dari PMKS tidak mematuhi protokol keamanan dalam masa PSBB. Mereka masih ada yang berkeliaran, berkumpul, berkerumun di sepanjang jalan," tutur Sigit.

Selama berada di GOR Tanjung Priok, Sigit mengatakan, PMKS atau tunawisma yang ditertibkan akan diberikan kebutuhan sehari-hari dan pemeriksaan kesehatan.

"Kami beri bantuan makanan juga," pungkas Sigit. (OL-6)

BERITA TERKAIT