29 April 2020, 12:36 WIB

Tentara Denpal Produksi Face Shield untuk Bantu 11 RS Covid-19


Widjajadi | Nusantara

TENTARA Detasemen Peralatan ( Denpal ) di Solo pada masa pandemik korona tidak ingin hanya sibuk mengurusi dan memperbaiki peralatan tempur saja. Namun kini juga sigap memproduksi alat pelindung diri (APD), yang sangat dibutuhkan tenaga medis.

"Pandemik korona ini memang membuat prihatin semua pihak. Kebetulan kami memiliki personil prajurit, kemampuan dan ide, sehingga munculah kreativitas Denpal IV/4 Solo untuk membantu rumah sakit dan instansi pemerintah, memproduksi APD (alat pelindung diri) seperti face shield," papar Dandem 074/Wt Brigjen TNI Rafael Granada usai meninjau pembuatan face shield pesanan Bank Jateng di Denpal IV/4 Solo, Rabu (29/4).

Tidak hanya memenuhi pesanan Bank Jateng atau instansi lain, tapi APD pelindung wajah ini juga dibuat untuk memenuhi kebutuhan tim medis di 11 rumah sakit penanggulangan covid-19. Saat ini apa pun bentuk APD untuk penuntasan virus korona baru ini semakin langka dan mahal.

Menurut Rafael, prajurit Denpal di wilayahnya, dalam rangka meringankan beban pemerintah untuk percepatan penanggulangan covid-19, tidak hanya membuat alat pelindung wajah atau face shield, namun kini juga mengembangkan pembuatan wastafel yang dimodifikasi.

"Untuk alat pencuci tangan pada masa pandemi korona ini, kita sedang dalam progres finishing. Kalau sudah jadi nanti sebagian dipasang di fasilitas fasilitas umum. Wastafel modifikasi ini unik, untuk mengucurkan air tidak pakai tangan tapi dengan menginjak pedal di bagian bawah," kata dia.

Sementara terkait pembuatan face shield, prajurit Denpal dengan 4 mesin jahit mampu menyelesaikan 150 - 200 pcs. Dan Bank Jateng sendiri tahap pertama memesan 1000 pcs dari total 17 ribu pcs.

baca juga: Harga Cabai di Kota Sukabumi Turun Drastis

"Sedang untuk membantu kebutuhan 11 RS penanggulangan covid-19 akan kita gratiskan. Tim medis ini sangat membutuhkan, karena APD kini semakin langka dan mahal," imbuh Danrem Rafael.

Pembuatan face shield oleh prajurit Denpal sudah berlangsung seama seminggu terakhir ini. Target pembuatan sebanyak pesanan yang datang dan juga untuk pemenuhan bantuan sosial bagi rumah sakit. (OL-3)

BERITA TERKAIT