29 April 2020, 11:20 WIB

Masjid Berbentuk Kabah Jadi Lokasi Wisata Religi di Palu


Mitha Meinansi | Humaniora

BAGI yang suka ngabuburit, Masjid Baiturrahim yang berada di Jalan Srikaya lorong Makassar, di Kelurahan Kamonji, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu, Sulawesi Tengah, bisa menjadi salah satu tempat tujuan wisata religi di bulan Ramadan. Menurut salah satu pengurus Masjid Baiturrahim Palu, Moh Jasmin, bangunan masjid yang menyerupai bangunan Kabah berukuran 9 X 9 meter persegi dengan tinggi 9 meter dibangun pada 2017. Pembangunan masjid dari hasil swadaya masyarakat yang tinggal di sekitar kompleks masjid.

"Ketika itu warga bergotong royong mendirikan masjid, hingga saat ini dapat digunakan oleh warga sekitar," ujar Moh Jasmin Rabu (29/4).

Keunikan dari masjid tersebut adalah bangunannya berbentuk kotak berwarna hitam tanpa kubah, persis seperti bangunan Kabah di Mekah. Itulah yang menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk beribadah di dalamnya, karena terasa sedang berada di Kabah. Masjid tersebut sebenarnya dijadikan sebagai tempat wisata religi bagi warga Kota Palu saat bulan suci Ramadan seperti saat ini. Umumnya warga melakukan swafoto dengan latar belakang Masjid Baiturrahim. Namun untuk sementara, warga belum diperbolehkan berwisata religi di masjid tersebut, dengan alasan  adanya wabah covid-19.

baca juga: Kemensos Beri Keleluasaan Pemda Usulkan Calon Penerima Bansos

Pihak masjid juga mematuhi imbauan dari pemerintah, baik pemerintah  pusat maupun pemerintah provinsi Sulawesi Tengah, untuk tidak melakukan  kegiatan keagamaan selama bulan suci Ramadan. Selain di Kota Palu, Masjid serupa dengan bentuk bangunannya menyerupai  Kabah terdapat di dua lokasi lainnya, yakni di Makassar, Sulawesi Selatan dan Subang, Jawa Barat. (OL-3)

BERITA TERKAIT