29 April 2020, 15:15 WIB

Akhirnya, Iwan Fals Buat Album untuk sang Istri


Cecylia Rura | Hiburan

ALBUM Rosana seperti menggenapi karya Iwan Fals untuk keluarga. Album ke-39 yang dirilis pada April 2019 itu mengambil tajuk dari nama istri Iwan dan dipersembahkan untuknya.

Dalam program Sophia Latjuba Dinner With Iwan Fals di Mola TV, Iwan mengatakan ada kesadaran membuat album berkat putra bungsunya, Raya. Si bungsu sempat menanyakan hal tersebut ketika dia dibuatkan album sementara tak ada karya untuk ibunya.

"Awalnya sebenarnya dari anak saya yang paling kecil, Raya. Aku bikin lagu buat dia, ya dia suka. Senang. Tapi dia ngomong 'aku dibikinin lagu, kok mama enggak?'," cerita Iwan Fals dalam bincang-bincang kasual bersama Sophia Latjuba.

Baca juga: Jakarta Philharmonic Persembahkan Lagu untuk Pejuang Covid-19

Iwan Fals pun berpikir banyak tokoh-tokoh penting yang telah dia buatkan karya. Namun, belum ada karya spesial yang diperuntukkan untuk sang istri.

Kira-kira Iwan Fals membutuhkan 3-4 tahun untuk album tersebut. Dalam 11 nomor lagu di album Rosana, dua di antaranya memiliki arti khusus di hari spesial Yos, sapaan karib Iwan Fals kepada Rosana.

"Ada dua lagu yang saya buat 3-4 tahun lalu. Yang pertama kado ulang tahun dia. Kedua, Rosana, pada saat dia terpilih menjadi ketua Ormas Oi dan di Oi ada pemilihan begitu empat tahun sekali," kata Iwan Fals.

Di tengah proses pembuatan album Rosana, Iwan Fals sempat mengalami cedera tendon karena jatuh dari motor. Cedera itu menjadi parah karena mengenai luka lama saat bermain badminton 20 tahun lalu yang tidak segera diobati.

Setelah operasi, Iwan Fals memanfaatkan waktu luang untuk menulis materi album Rosana.

"Dalam kondisi pemulihan saya biasa tulis-tulis. Jadi catatan, ditemani Cikal, Raya, sama mamanya. Ya sudah, jadi album," ceritanya.

Iwan Fals mengakui, saripati dari album Rosana adalah tentang cinta. Dia memiliki definisi sendiri tentang cinta, jauh berbeda dengan yang dimaknai para remaja sekarang.

"Harapan saya cinta. Apa rasanya enggak ada cinta. Rupanya cinta enggak melulu cuma cinta di dalamya. Ada kesabaran, keberanian, komitmen, macam-macam," kata Iwan Fals.

"Yos cukup sabar. Saya terima kasih dia mau temani proses saya. Banyak lagu tercipta selama pergaulan kami hampir sekitar 39 tahun," lanjut Iwan Fals.

Iwan Fals sejak dulu dikenal mengeluarkan lagu-lagu dengan lirik kritis terhadap pemerintah Indonesia. Terlepas dari itu, dia juga merilis lagu dan album menggunakan nama anak-anaknya.

Iwan Fals merilis lagu Galang Rambu Anarki, nama anak tertuanya yang dimuat dalam album Opini (1982). Iwan Fals juga merilis album Cikal (1991) dan Raya (2013). Album Rosana yang tampak sebagai pelengkap dimaknai sebuah karya untuk keluarga.

"Cuma mau cerita tentang keluarga sebenarnya," terang Iwan Fals tentang album Rosana. (OL-1)

BERITA TERKAIT