29 April 2020, 12:00 WIB

Sebanyak 40 Masjid di Jakarta Masih Gelar Salat Tarawih


Cindy | Megapolitan

IMBAUAN pemerintah dan sejumlah tokoh agama agar masyarakat menjalankan ibadah di rumah belum berjalan efektif. Puluhan masjid di DKI Jakarta masih menggelar salat tarawih berjemaah.

"Data Dewan Masjid Indonesia (DMI), dari 3.200 masjid di seluruh Jakarta, mungkin sekitar 40 masih melaksanakan salat tarawih," ujar Kepala Biro Pendidikan, Mental, dan Spiritual (Dikmental) DKI Jakarta Hendra Hidayat saat dihubungi, Rabu (29/4).

Hendra menyebut sejumlah masjid juga ada yang masih menggelar Salat Jumat. Dia meminta semua warga Jakarta untuk patuh dan disiplin terhadap aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) demi memutus rantai penyebaran covid-19.

Baca juga: Pengamanan Ibu Kota Diintensifkan

Hendra mengatakan Peraturan Gubernur Nomor 33 Tahun 2020 jelas mengatur agar warga beribadah di rumah. Dia menyampaikan aturan itu dikeluarkan semata demi kepentingan bersama.

Bahkan Kementerian Agama, Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat, MUI DKI, dan DMI Jakarta telah mengeluarkan surat edaran bernada serupa.

"(Surat edaran berisi) imbauan pelaksanaan kegiatan ibadah dalam masa darurat pandemi covid-19 ini semuanya dilaksanakan di rumah, baik itu salat berjemaah Jumat, termasuk tarawih, dan lain sebagainya," ucap Hendra.

Hendra menegaskan Pemprov DKI tidak akan berhenti mengingatkan warga untuk beribadah di rumah. Pemprov DKI akan terus berkoordinasi dengan MUI dan DMI, serta mengingatkan dewan kemamuran masjid untuk menaati aturan PSBB. (OL-1)

BERITA TERKAIT